blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Lakukan Ini Jika Mau Ramai Jualan Mu!

19.35.00 eka julianto arif 0 Comments


Saya mau menshare yang saya tahu tentang bagaimana sih jualan atau produk kita ramai, ini tips khusus untuk para pebisnis konvensional. Tips ini juga mungkin bisa untuk para karyawan Anda.
beberapa tips disini hanya sesuai dengan pengalaman saya berjualan.



Niat 
Niatkan diri anda sebelum berangkat berjualan untuk beribadah, lebih bagus sebelum dagang sholat dhuha, dan sambil melantunkan ayat-ayat Al-Quran. Karena setiap perbuatan sesuai dengan niatnya. Jika niat kita baik, insya Alloh jualan kita dilancarkan.

Jaga Penampilan
Maksudnya ialah ketika berjualan kita harus menjaga penampilan kita, supaya menarik konsumen dan konsumenpun tidak segan untuk membeli kembali atau berlangganan produk kita. Penampilan disini dari segi perkataan yang sopan,ramah, tidak mengeluarkan kata kotor dan selalu mengucap salam. Sikap perbuatan kita terhadap konsumen memperlakukan mereka bukan karena uangnya tetapi karena ingin melayani dengan tulus, jika barang jelek berkatalah jelek, jika bagus berkatalah yang sebenarnya. Jangan sekali-kali menipu konsumen kita, mereka akan kabur dan tidak akan kembali lagi. Satu hal lagi anda harus memakai parfum yang membuat konsumen nyaman bukan yang menyengat. dan jangan lupa selalu bersihkan tempat berjualan anda, walaupun produk anda bukan makanan atau minuman.

Berikan Bonus
Berikan mereka bonus jika kita terjadi kesalahan dalam penjualan. Dahulu saya pernah dapat pelajaran ketika menjualkan ayam, karena banyak pesanan ada salah satu ibu-ibu yang kurang ayam yang ia pesan, sehingga ia balik lagi dan memasang muka masam tak seperti biasanya. Dan semenjak saat  itu ia tak pernah lagi sampai sekarang membeli produk saya. Hanya lewat saja tak menggubris senyuman saya. Padahal saya sudah meminta maaf kepadanya waktu itu. Nah dari pengalaman itu ketika saya tak sengaja melakukan kesalahan, selalu saya memberikan Bonus gratis bagi mereka yang kecewa pesanannya tak sesuai seleranya. Sampai sekarang pelanggan tersebut terus membeli produk saya.

Jaga Kualitas Produk
Produk yang telah anda buat, jangan anda rubah jika memang kualitas menurut konsumen enak. Jika produk ini makanan atau minuman. Semua bisnis pastinya akan selalu menjaga kualitas agar menjadikan produk nomor wahid dan mengalahkan pesaingnya.

Tambah Jam Kerja
Tambah lagi jam kerja jualan anda, yang biasa anda jualan sore  hari upayakan buka siang hari. Tapi jangan diporsir juga agar fisik badan kita fit tidak sakit. Lihat pesaing anda dia buka jam berapa, upayakan kita buka lebih awal. Agar kita menjadi pembeda bagi pesaing kita. Ingat juga pesaing kita bukanlah pesaing sebenarnya, mereka hanyalah partner. Anggap saja mereka partner kerja kita agar kinerja kita lebih baik. Pesaing sebenarnya ada di dalam diri kita. Yaitu rasa malas, dendam, dan hal negatif lainnya.

Akhiri Dengan Doa
Jadikan selalu segala kegiatan mengawalinya dengan doa dan mengakhirinya dengan doa pula. Mengawali dengan basmalah dan mengakhirinya dengan hamdalah..

Semoga Tips Ini Bermanfaat..
Terima kasih