MANFAAT SHOLAT DHUHA

23.57.00 Bang Eka 0 Comments

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah diwaktu pagi hari menjelang dzuhur. Sholat ini memiliki banyak manfaatnya jika dikerjakan secara rutin. Adapun manfaat dari mengerjakan sholat dhuha antara lain:
  • Sedekah bagi seluruh persendian tubuh
Dari Abu Dzar Al-Ghifari, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW. bersabda :
"Disetiap sendi seseorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan Subhanalloh) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (upacan Laa Ilaaha Illallaah) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat dhuha diberi pahala." (HR. Muslim)


  • Keuntungan besar
Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash:
Rasulullah SAW. mengirim sebuah pasukan perang. Beliau bersabda, "Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!"

Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah saw. berkata, " Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan yang paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimahnya (keuntungan) dan cepat kembali?"

mereka menjawab, "Ya!"

rasulullah saw. berkata, " Barangsiapa yang berwudhu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan sholat dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya." (Shahih Al-Targhib: 666)
  • Disediakan rumah di surga
Bagi yang rajin mengerjakan sholat dhuha , maka ia akan dibangunkan sbuah rumah di surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Saw :

"Barangsiapa yang shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (Shahih Al-Jami': 634)
  • Memperoleh Ganjaran disore hari
Dari Abu Darda', ia berkata bahwa Rasulullah Saw. berkata:

Alloh ta'ala berfirman, "Wahai anak Adam, Shalatlah untuk-Ku empat raka'at dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya." (Shahih Al-Jami:4339)
  • Pahala Umrah
Dari Abu Umamah, Rasulullah Saw. bersabda:
"Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan sholat dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah." (Shahih Al-Targhib:673)

Dalam hadist lain disebutkan, bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda:
"Barangsiapa yang melaksanakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Alloh hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah: sempurna, sempurna,sempurna." (Shahih Al-Jami':6346)

  • Ampunan dosa
"Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Alloh, sekalipun dosa itu sebanyak buih dilautan." (HR.Tirmidzi)
Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html