blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

7 Hal Penting Tentang Artikel Blog

08.50.00 eka julianto arif 0 Comments

Menuliskan artikel blog membutuhkan pembelajaran dan kerja keras dalam menuangkan isi ide di kepala dan menjadikannya artikel di blog dengan baik dan benar. Saya juga masih dalam belajar menuliskan artikel dengan baik dibandingkan para blogger yang sudah lama dan mumpuni ilmunya.

Semuanya membutuhkan pelatihan dan kerja keras yang akhirnya bisa menulis dengan baik. Sehingga pengunjung betah membaca tulisan anda tersebut. Nah, maka dari itu ini ada sedikit share untuk bahan pertimbangan ketika menulis artikel di blog anda:



1. Interaktif

Alangkah baiknya jika blog anda dapat memancing orang lain untuk ikut campur berpendapat di sana. Mereka selalu berinterktif dengan anda. Jika saya masih tahap belajar, belum bisa sampai kesana. Karena masih baru dan pemula. Dengan pembaca berinterktif disana akan menimbulkan kunjungan yang berulang-ulang juga akan berpengaruh terhadap kepopuleran blog anda nantinya.

2. Hak Cipta

Nah untuk hal ini banyak orang yang mungkin melakukannya, kebanyakan orang itu copy paste dengan rumusan ATP (Amati Tiru Plek). Bukannya ATM (Amati Tiru Modifikasi), apa salahnya jika kita bisa mengembangkan tulisan orang lain tetapi dengan pendapat anda. Dan jangan lupa pula beri catatan dibawahnya dengan tulisan: Artikel ini terinspirasi dari....  atau Tulisan ini gubahan dari... Tuliskanlah alamat URLnya jika dari URL internet blog lain. Jika dari buku tuliskan saja judul bukunya dan pengarangnya.

Ingat pula mereka yang menuliskan artikel di blog atau di buku, mereka telah bersusah payah meluangkan waktu dan fikirannya hanya untuk menuliskannya di blog atau di buku. Hargai mereka, jika kita ingin nanti dihargai oleh orang lain.

3. Kualitas Dan Kuantitas

Suatu blog yang baik dan berkualitas pastinya jumlah tulisan/artikel di blognya banyak sekali. Karena memang di dunia blog katanya menurut berbagai sumber ada suatu hubungan yang rumit dengan Search Engine yang menunjukan kuantitas artikel akan memengaruhi kepopuleran dan kualitas suatu blog. Namun tak bisa disangkal lagi memang semua pengunjung pastinya menginginkan kualitas artikel yang memberikan mereka informasi yang bermanfaat.

4. Up To Date

Pastikan artikel yang anda buat tidak ketinggalan zaman, terutama blog yang menampilkan berita terkini. Carilah berita terbaru yang lebih disukai orang banyak.

5. Buat batasan Sendiri

Cobalah untuk menuliskan apa yang anda ketahui saja, jika memang anda kurang mahir dibidang itu berikanlah penjelasan kepada pengunjung. Bahwa anda hanya menuliskan untuk bahan pembelajaran saja bukannya anda ahli dibidang tersebut. Sehingga dikemudian hari ketika ada yang bertanya anda tidak bingung menghadapi pertanyaan itu dan anda jadinya tidak membohongi mereka.

6. Perbanyak Nara Sumber

Hal ini untuk lebih memvariasikan tulisan atau cukup pastikan bahwa sumber yang anda punya bonafide. Seperti halnya anda membuat buku, pastinya anda akan memperbanyak sumber yang sedang anda tuliskan, begitu pula dengan blog. Maka dari itu jangan hanya dari satu sumber yang anda miliki, carilah sumber-sumber yang lainnya juga.

7. Gunakan Cerita Atau Bubuhkan Sedikit Emosi

Dengan memberikan sedikit perasaan emosi dan sedikit pengalaman yang anda punya ke dalam artikel blog anda memungkinkan para pembaca ikut merasakan apa yang anda rasakan. Rata-rata tulisan ngetop biasanya dituturkan dengan cara bercerita atau bernilai cerita.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat....


Artikel ini terinspirasi dari Go! Blog karya Asep Purna M

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..