blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Berbisnis Modal Dengkul? Bisakah?

22.51.00 eka julianto arif 0 Comments


Sebenarnya jika kita berbisnis modal dengkul sesuatu hal yang mustahil. Banyak orang yang berfikir bisnis bisa tidak pakai modal alias dengkul. Bahkan banyak juga buku-buku yang membahas bisnis tanpa modal, beli rumah tanpa uang, dan banyak lagi yang lain. Itu hanya strategi marketing mereka saja. Sebenarnya bisnis itu harus pake modal. Bagaimana dapat keuntungan jika tidak pakai modal atau uang. bagaimana beli bahan baku untuk dijual, siapa yang mau bayar karyawan, dan siapa pula yang mau bekerja secara ikhlas dengan anda jika semuanya gak pakai modal? 


Bisnis modal dengkul, yah kan dengkul kita sendiri juga kan modal yang paling utama. Kita sebagai manusia diciptakan akal untuk berfikir dan raga untuk berusaha/berikhtiar. Nah itulah modal yang sebenarnya.Satu hal yang harus ada di dalam diri kita jika hendak berbisnis pake modal dengkul. Sebenarnya sih lebih enak disebut pake dengkul orang lain. Hehehe

Strategi yang selalu teringat ketika saya berbisnis multi level marketing adalah berbisnis dengan rumusan BODOL.  Apakah itu BODOL? Bodol itu sebenarnya singkatan dari Berani Optimis pake Duit Orang Lain. Jadi jika kita hendak berbisnis tapi gak punya modal kita bisa pake duit orang lain.

Entah dari mana asal duit itu atau modal itu yang terpenting halal dan tidak dari hasil yang buruk. Ketika saya hendak berbisnis fried chicken, saya juga menggunakan strategi ini. Strategi ini pula yang selalu diajarkan ibu saya, walaupun ia hanya duduk dibangku SD itupun tidak sampai lulus. Tetapi bisa mengalahkan pola fikir bapak saya yang lulusan SMA.

Strategi ini terpikir oleh saya, ketika hendak berbisnis ayam tadi. Yang terpenting kita bisa dipercaya dan meyakinkan pihak bank. Sebelum saya memulai bisnis franchise ayam itu. Saya ikut patungan bisnis waralaba tersebut. Setelah sudah jadi dan tahu systemnya. Saya mengajukan diri pula ingin buka usaha waralaba itu sendiri, walaupun sekarang masih dibantu dan di support oleh adik dan ibu saya.

Ketika mengajukan diri ke Bank untuk kredit usaha. Waralaba patungan itulah yang menjadikan alasan saya untuk buka cabang baru. Dengan jaminan surat tanah. Dengan dibantu oleh ibu saya yang lihai dan pandai berbicara juga melobi. Jadilah bisnis saya itu.

Kepercayaan dan meyakinkan orang lain (pihak pemodal) itulah yang harus anda miliki. Memang modal dengkul itu sulit didapat, tapi jika kita sendiri mau belajar pasti kita juga akan mendapatkan apa yang kita mau. Asah dulu dengkul anda sebelum pakai dengkul orang lain.

Terima kasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..