blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Empat Cara Mudah Membangun Integritas

07.30.00 eka julianto arif 0 Comments


Integritas adalah satu hal komponen paling terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses. Apalagi menyangkut seorang entrepreneur, integritasnyalah yang akan diuji benar-benar. Sehingga banyak orang yang akan percaya dan yakin terhadapnya. Maka dari itu milikilah pribadi yang berintegritas!

Terus apa sih integritas itu Mas Eka?
Integritas ialah seorang manusia yang selalu bertindak sesuai ucapan dengan perbuatannya dan selalu memegang janji apabila ia berjanji, sehingga dapat memunculkan kepercayaan orang lain terhadap dirinya.

Menjaga integritas itu penting sekali. Integritas itu ibarat pondasi suatu bangunan, yang apabila tidak kokoh maka hancurlah bangunan itu. Ketika kita mampu menjaga integritas di dalam diri kita. Pastilah kita bukan orang yang biasa, pastilah kita seorang yang Luar Biasa Dahsyat.

Integritas pula yang akan membedakan antara satu orang dengan orang yang lain. Antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Antara produk yang satu dengan yang lain. Karena integritas menyangkut dengan nama baik seseorang, nama baik perusahaan dan nama baik kualitas produk juga.

Sebenarnya menjadi pribadi yang berintegritas sangat gampang dan simple. Hanya saja kita mau atau tidak melakukannya dengan kontinyu atau berkesinambungan yang akan menjadi watak yang ada didalam diri kita. Pribadi yang berintegritas sebenarnya mereka melakukannya dengan sederhana. Apa sajakah itu?

Hal-hal sederhana itu antara lain:

1. Datang Tepat Waktu

Upayakan selalu datang tepat waktu dalam hal apapun. Baik dalam rapat, bekerja, bertemu klien, mengirim barang dan lain sebagainya. Dengan kita datang tepat waktu berarti kita telah menghargai waktu, orang lain dan diri sendiri.

Karena dengan terlambat datang banyak orang yang akan kecewa terhadap kita, baik pelayanan, pekerjaan dan lain sebagainya. Begitu pula waktu akan banyak terbuang sia-sia dengan kita terus menerus terlambat. Dan efeknya kembali terhadap diri kita masing-masing jika tidak datang tepat waktu. Kita akan di cap orang yang tidak berintegritas.

Itu yang sering terjadi ketika saya dulu menjalani system multi level marketing. Banyak klien yang kecewa karena saya dahulu sering terlambat jika ada janji bertemu. Saya jujur menganggap dahulu bersikap begitu tidak akan dampak terhadap diri sendiri dan memang saya juga sibuk menyiapkan bahan-bahan untuk bisnis yang lain juga. Tapi akhirnya terduplikasi terhadap semua mitra downline. Saya sangat menyesal, dan sekarang saya faham arti sesungguhnya tentang menjaga integritas itu. Eh kok jadi curhat lagi.... Maaf keceplosan :-) Yuk Lanjut...

2. Menepati Janji

Janji adalah hutang begitu banyak orang berkata begitu. Memang benar juga, ketika kita berjanji dengan seseorang berarti kita berhutang janji kepadanya. Maka dari itu kita harus menepatinya, ini sudah saya bahas diatas tadi. Dengan kita berjanji sudah seharusnya kita mengantisipasi semuanya. Mulai dari jalan macet, lokasi tidak familiar, ban bocor dan lain sebagainya. Kita harus sudah mempersiapkan semuanya jauh hari setelah kita berjanji. Agar kita bisa datang menetapi janji kita tersebut.

3. Selalu Serius

Bersikap serius dan sungguh-sungguh untuk menepati janji, datang tepat waktu, menjaga kredibilitas itu merupakan akan membangun citra diri yang berintegritas. Setiap perkataan yang kita katakan akan ditanggapi dengan serius oleh orang lain.

4. Bertanggung Jawab

Selalu bertanggung jawab sekecil apapun pekerjaan tersebut. Baik pekerjaan kecil maupun besar selalu mau bertanggung jawab. Ingat selalu seorang yang setia pada perkara kecil akan dipercaya untuk menanggapi perkara besar.

Itulah empat langkah mudah jika ingin menjadi seorang yang berintegritas tinggi.

Semoga bermanfaat... Terima kasih sudah berkunjung...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..