blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Jangan Jadi Orang BEJ!!!

09.41.00 eka julianto arif 0 Comments

Apa sih BEJ itu mas Eka?
BEJ itu singkatan sahabat pembaca sekalian, Itu singkatan dari:
B = Blame : Menyalahkan
E = Excuse : Beralasan
J  = Justify : Menghakimi/ membenarkan

Apa sih maksudnya dengan jangan menjadi orang BEJ mas? Yah ada maksudnya, dipembahasan ini saya akan menyinggung kebanyakan orang miskin atau orang-orang gagal itu selalu bersikap BEJ. Rata-rata sebagian besar dari mereka sibuk sekali mem-BEJ-kan diri mereka agar tak terlihat gagal.


Sikap awal yang dilakukan yang pertama ialah Blame, yaitu mereka selalu menyalahkan semuanya, menyalahkan pemerintah yang tak perdulikan keadaan rakyatnya, menyalahkan presidennya tak becus bekerja, menyalahkan orang tua yang tak mampu memberikan pendidikan yang baik, menyalahkan keadaan yang sudah miskin, menyalahkan umur yang tak mampu untuk berjuang lagi karena tak ada waktu, yang akhirnya menyalahkan waktu dan hampir-hampir menyalahkan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan kita. Naudzubillah.. Jangan sampai kita terbawa sikap seperti ini.

Lalu kemudian mereka akan bersikap Excuse, yaitu mereka selalu beralasan, jika mencita-citakan ingin jadi pengusaha mereka beralasan belum cukup uangnya, padahal disetiap gajian mereka selalu foya-foya jalan-jalan, beli rokok dan makan-makan juga beli barang-barang yang tak berguna. Ada yang beralasan belum punya pengalaman, mau sampai kapan nyari pengalamannya? Pengalaman didapatkan ketika kita langsung terjun (action) ke lapangan. Pokoknya disini mereka selalu beralasan agar tak mau melakukan apa-apa dan langsung ingin sukses. Itu hanya ngimpi disiang bolong.

Selanjutnya mereka akan bersikap Justify, yaitu membenarkan alasan yang mereka kemukakan. Ketika mereka melihat atau membaca profil orang-orang sukses, mereka pasti akan berkata: Terang saja orang itukan keturunan orang kaya... dan ketika ada orang kaya dari kalangan miskin, mereka menyangkal dengan: wajarlah dia bisa sukses karena pantang menyerah dan nasibnya bagus.. Pokoknya mereka selalu ingin membenarkan alasan yang mereka kemukakan sebelumnya agar bisa mengkambing hitamkan orang lain dan membenarkan bahwa dia tidak akan bisa sukses seperti mereka yang sudah sukses.

Hindarilah sikap BEJ seperti ini sahabatku, sikap seperti ini bukanlah sikap seorang pemenang melainkan seorang pecundang saja! BEJ ini akan berdampak kepada diri anda yang akan menjadikan anda seorang pecundang sejati saja. Jangan menjadi orang pecundang sejati. Jadilah pemenang bagi diri sendiri! Dan jadilah kebanggaan yang bisa diceritakan orang lain tentang kisah anda.

Terima kasih...  Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..