blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Dua Hal Yang Menjadi Tujuan Berbisnis

06.33.00 eka julianto arif 0 Comments

Assalamu'alaikum para pembaca sekalian..

Hmmm to the point aja deh.. Hehehe abis bingung mulainya...
Ngomongin soal bisnis nih, sebenarnya tujuan utama kita berbisnis itu apa sih? Apakah untuk ikut-ikutan atau pengen kesohor ama temen? Hehehe mudah mudahan bukan yah...
Memang sih ujung dari kehidupan ini yaitu akhirat. Yang mana itu tujuan utama kita sebagai hamba-Nya. Saya dipembahasan kali ini tidak menuju kesana dahulu, saya ingin membahas apa sih tujuan di dalam bisnis kita ini?

Ada 2 hal yang perlu kita ketahui bersama untuk memulai bisnis, yaitu :

1. Kebutuhan sehari-hari

Hasil dari bisnis sudah semestinya untuk keperluan sehari-hari. Untuk kebutuhan pokok yang utama, hampir sama sebenarnya seperti para pegawai yang gajinya untuk kebutuhan sehari hari.

2. Pertumbuhan Modal

Tahu gak banyak para ukm ( usaha kecil menengah ) yang terjebak akan pola hidup mereka sendiri. Niat di awal sih maunya punya banyak cabang, eh karena tak terstruktur pengelolaan uangnya. Jadinya hanya untuk kebutuhan sehari- hari saja.

Misalnya baru untung banyak di awal, sudah berani menyicil mobil, sudah berani beralih kebisnis yang lain. Padahal hanya memiliki satu cabang dan masih pemula.

Kita akan terjebak akan pola seperti itu ketika kita sudah lebih pede ( padahal belum lancar ) akan pasti tercicil mobilnya. Yang secara tidak langsung menguras keuntungan bersih kita dalam berjualan.

Kita sudah seharusnya bisa mengelola modal dari yang terkecil sampai bertumbuh besar, dan semakin besar. Nah barulah kita menikmati hasil jerih payah kita dengan membeli barang mewah, yah semacam mobil, rumah, motor sport dan lainnya.

Yang harus kita kunci adalah bagaimana melindungi modal kita supaya tetap utuh? Betulkan???

Rata-rata orang jika berhubungan dengan uang, orang itu ingin untung dan serakah. Pengen investasi sudah nanyain untungnya berapa? Hasilnya besar tidak? Kalo besar gue ikut dah.. Hmmm

Kapan majunya jika kita mau untungnya saja tapi tidak mau ruginya. Biasanya jika resikonya besar pastinya untungnya akan besar.

Ingat dua hal tadi, jika ingin berbisnis dan maju bisnisnya, orientasi bisnis kita itu yah cashflow sehari hari dan pertumbuhan modal. Itu saja...

Terima kasih sudah berkunjung.
Wassalam



Posted by Eka Julianto Arif

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..