blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

12 Langkah Agar Selalu Bahagia

19.59.00 eka julianto arif 0 Comments


Halo sobat pengunjung sekalian...
Bahagia itu sesuatu hal yang selalu kita inginkan, siapa juga sih yang maunya sedih terus. Banyak dari kita mematok kebahagian hanya dari uang dan materi-materi yang bersifat duniawi. Memang sih sudah seharusnya kita memiliki segalanya karena hidup ini hanya sekali.

Tapi segala kebahagiaan gak semestinya berbentuk uang, bisa kita memiliki teman yang baik, tetangga yang baik, pasangan yang baik, dan kebaikan-kebaikan lainnya. Kehidupan ini memang diciptakan seperti roda berputar, kadang hari ini kita bersedih bisa jadi besok kita berbahagia. Begitulah memang kehidupan agar kita bisa lebih dewasa menghadapinya.


Sebenarnya banyak cara agar kita selalu berbahagia, karena setiap orang berbeda meraih kebahagiaannya dengan caranya masing-masing. Ini nih ada 12 langkah agar kita selalu bahagia..

1. Bertanyalah Pada Diri Sendiri

Maksudnya ialah ketika kita ditimpa masalah jangan menyalahkan orang lain atau apapun itu, berbaliklah kembali instrospeksi ke diri sendiri.

Apakah kita layak bersedih hanya menangisi hal-hal kecil, seperti diputusin pacar, di tolak melamar kerja, dan lainnya. Memang menyedihkan, tapi hidup kita itu lebih dari sekedar rasa sedih tersebut.
Ada tangan untuk memegang, kaki untuk melangkah, mata untuk melihat dan indera-indera lainnya yang patut kita pertanyakan. Mengapa semua itu tidak kita syukuri?

2. Jadilah Inspirasi


Jadikan selalu kehadiran kita menjadi inspirasi bagi orang lain. Baik dari karakter, gaya hidup, keuangan, persahabatan dan lainnya. Tapi bukan untuk menyombongkan diri kita. Hanya menjadi contoh saja, jika ditiru silahkan tapi jika tidak tidak apa-apa. Kita hanya ingin menjadi diri sendiri dan contoh bagi oranglain.






3. Bantu Orang Lain

Nah ini agak sulit, kenapa? Karena banyak dari kita jika tahu mengenai sesuatu tapi pelit membaginya. Dengan memberi ilmu kepada orang lain bisa jadi membantu mereka nantinya.

Membantu pun tidak harus memberi mereka ikan, berilah mereka pancingnya agar bisa berubah hidupnya dengan berusaha.

Jika kita sering membantu orang lain, lambat laun kita akan menjadi orang yang sukses. Karena hanya orang yang sukses yang selalu membantu orang lain tanpa pamrih. Ingat selalu " Tangan Diatas Lebih Baik Daripada Tangan Dibawah.". Inipun bisa jadi rumus kebahagiaan.

4. Lakukan Yang Anda Suka

Nattasha Nauljam
Jika kita menyukai suatu bidang fokuslah mengerjakannya dengan santai dan bahagia. Misalnya kita senang bermain gitar, lakukanlah dengan bahagia. Niscaya kita akan bahagia.



5. Bacalah Buku

shutterstock
Penting sekali membaca buku, karena 5 sampai 10 tahun yang akan datang tergantung dari apa yang kita baca dan dengan siapa kita bergaul.

Dengan membaca kita mengetahui segala sesuatu,karena buku adalah jendela dunia. Dengan membaca kita bisa berbahagia, hentikan sejenak aktivitas sosial media kita. Luangkan dan jadwalkan untuk membaca buku. Lebih bagus membaca Alquran, atau buku motivasi. Seperti Berfikir dan Berjiwa Besar, Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain, dan lainnya.

6. Kurangi Menonton Televisi

mimpipejuang.wordpress.com

Usahakan kita kurangi menonton Televisi, karena sekarang ini acara-acara yang disajikan rata-rata tidak bermutu baik dari segi cara berbicara maupun cara bergaul yang dipaparkan di setiap sinetron yang tayang. Betul tidak?

7. Cintai Pekerjaan Anda


Dengan hanya mencintai pekerjaan kita akan bahagia, jika gaji tidak sesuai usahakan berpindah atau buka usaha saja. Cintai apapun bidang pekerjaan yang telah ditakdirkan oleh-Nya. Dengan bersyukur kita akan diberi nikmat lebih, entah diberi kenaikan gaji atau pangkat atau bisa juga di beri peluang-peluang bisnis. Kita tak perbah tahu masa depan, kita hanya bisa bersyukur dan mencintai juga selalu melangkah berusaha merubah nasib ini.

8. Olah Raga

Yaps gak salah lagi, olahraga walaupun melelahkan dan menyehatkan itu juga bisa membuat kita bahagia. Dengan kesehatan kita bisa tersenyum cerah, menikmati udara segar, bertemu orang lain. Sehat amat sangat kita rasakan dan kita butuhkan ketika kita mengalami jatuh sakit. Betulkan?

9. Hadapi Ketakutan Anda

Jika kita takut menghadapi semua masalah-masalah kita, satu saran saya Hadapi, Hayati dan Nikmati saja. Tak masalah jika kita belum bisa menyelesaikannya, tapi minimal kita berani menghadapi masalah dan tak lari dari tanggung jawab kita.

Hadapi dengan tenang dan tersenyum bahagia, siapapun yang melihatnya pasti tidak mau marah ketika melihat kita tersenyum tulus. Bagaikan bayi yang selalu menghibur kita orang dewasa yang ruwet dengan berbagai masalah.

10. Percaya Kepada Diri Sendiri

Kalau menurut orang-orang gaul ini PD aja Lagi Sob! hehehehe. Percaya saja dengan diri kita sendiri. kita harus percaya dan yakin bahwa kita hari ini dan seterusnya hnaya ingin berbahagia titik. Hmmm kelihatan maksa banget yah. hahahaha..

Mau bagaimana lagi kalau kita tidak memaksa kepada diri sendiri untuk berbahagia hari ini juga? Apa mau kita tunda besok?
.
11. Selalu Berkumpul Dengan Teman Dan Keluarga


Kita itu makhluk sosial, makhluk yang diciptakan dengan rasa ingin selalu berkumpul dengan orang-orang yang kita sukai. Bagaikan magnet yang selalu menempel dengan satu medan yang tak berlawanan. Walaupun ada orang yang culun tak mau bergaul, tapi sekarang sudah ada internet yang memungkinkan kita berkomunikasi via media sosial. Sama saja kita seperti berkumpul dengan orang-orang yang kita sukai dan itu membuat perasaan penting kita terobati juga membuat kita bahagia. Lebih bagus berkumpullah dengan orang-orang yang baik-baik dan selalu memotivasi kita ke dalam kebahagiaan hakiki.

12. Ikuti Kata Hati Anda
muslimahcorner.com

Satu hal terakhir yang membuat kita bahagia, yaitu selalu ikuti kata hati. Maka dari itu banyakin selalu aktivitas membersihkan hati kita, karena kalau hati kita bersih, ia akan selalu membimbing kita ke jalan yang benar. Dekati selalu Sang Khaliq, karena Dia selalu berbicara melaui hati kita yang bersih, bukan hati yang kotor. Jika hati ini kotor adanya hanya bisikan-bisikan yang buruk.

Nah selesai juga tulisan sederhana ini mudah-mudahan selalu bermanfaat bagi anda yang sempat berkunjung dan mau meluangkan waktu membaca blog ini. Terima kasih yah sobat..

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..