blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Tetapkan Target Sasaran Anda

13.45.00 eka julianto arif 0 Comments


“ Target tak selalu bisa dicapai, tetapi itu adalah hal sederhana yang penting untuk mengarahkan pada titik sasaran menuju kesuksesan.”
-Bruce Lee-

Hallo sobat pengunjung sekalian...
Ngomongin soal impian pasti tidak akan jauh mengenai target yang akan kita capai. Apakah jangka pendek, menengah atau panjang. sebelum menetapkan target tersebut alangkah baiknya kita menentukan visi dan misi kita nanti. Tuliskan dengan jelas visi dan misi kita di tempat-tempat yang kita sering lewati. Seperti yang telah saya singgung di artikel sebelumnya.

Langkah selanjutnya ialah tetapkan target sasaran anda. Jangan hanya cuma bervisi dan misi tapi tetapkan targetnya. Misalnya anda buka usaha, tapi gak ada target sasaran yang jelas, sudah dipastikan bisnis akan stagnan disitu-situ saja. Anda harus memiliki target sasaran, baik jangka pendek maupun jangka panjang.


Target sasaran itu digunakan untuk melakukan langkah demi langkah kecil anda menuju tujuan/impian besar anda nantinya. Karena ibarat kita menuju lantai atas, kita tak akan mungkin maraih anak tangga seluruhnya, melainkan kita harus melangkah selangkah demi selangkah. Tugas kita hanyalah melakukan langkah pertama saja.

Misalnya anda sudah membuka usaha pecel lele, anda harus memiliki target untuk membuka cabang yang kedua. Membuatkan system untuk usaha anda walaupun usaha anda berganti-ganti karyawan, anda tak akan takut juga khawatir, karena anda sudah membuatkan sistem bagi bisnis anda. Dan andapun bisa membuka cabang lagi sampai bisnis/usaha anda besar bak KFC, Mc.Donald, Indomaret, Alfamart, dan lainnya.

Jangan ragu akan diri kita sendiri, harus yakin dan usir tuh yang namanya hambatan demi hambatan. Bukan diusir sih, tapi harus dihadapi demi mendewasakan dan memberikan pelajaran kepada diri kita. Ini nih ada kiat-kiat menyingkirkan hambatan dari diri sendiri.

1. Ubah cara berpikir negatif menjadi positif

Kita bisa mengubah pikiran kita sendiri. Kita bisa memilih untuk mengubah cara berpikir kita. Kita bisa memilih untuk mengubah perasaan kita. Kita bisa memilih untuk berpikir bahwa gaji kurang banyak atau memilih cara mencari uang lebih secara halal. Kita bisa memilih untuk mengeluh mengapa gaji kurang atau memilih untuk bersyukur masih bisa bekerja. Kita bisa memilih untuk belajar sendiri daripada bersikap negatif karena tidak sempat sekolah tinggi. Kita bisa memilih untuk mencari ide baru daripada mengeluh karena kegagalan.

2. Pilih pikiran yang menimbulkan semangat dan ketenangan

Daripada memikirkan yang jelek-jelek, pilihlah untuk memikirkan hal yang lebih baik. Daripada berpikir orangtua tidak menyayangi kita, pikirkan cara mengungkapkan kasih sayang lebih kepada mereka. Daripada berpikir atasan galak, pikirkanlah cara untuk bekerja lebih baik. Daripada berfikir saingan bisnis pakai cara licik, pikirkanlah bagaimana menarik konsumen agar menjadi pelanggan kita. Daripada mengeluh sakit melulu, senyumlah dan alihkan pikiran ke hal lain yang lebih bermanfaat.

3. Senyumlah lebih banyak kepada orang lain

Jika kita hanya berfokus memikirkan betapa sedih dan kecewanya kita, maka pikiran kita akan semakin tegang. Cobalah melihat kesulitan orang lain. Senyumlah pada mereka. Bantu orang lain menemukan solusi. Hibur orang yang sedih, maka kita akan merasa lebih hidup dan puas melihat orang lain berubah.

Nah gitu sobat pengunjung sekalian tetapkan target sasaran kita dan singkirkan tuh yang namanya hambatan-hambatan yang ada di diri kita agar kita bisa menggapai kesuksesan. Terima kasih sudah sempatkan berkunjung kemari.. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..