blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Jadilah Kepompong!!

16.22.00 eka julianto arif 0 Comments



Jadilah Kepompong!!!

Definisi proses kepompong menurut artikata.com adalah bakal serangga (kupu-kupu) yg berada di stadium (kehidupan) ketiga sebelum berubah bentuk menjadi kupu-kupu atau serangga, biasanya terbungkus dan tidak bergerak.

Proses kepompong yang terbungkus dan tidak bergerak, bagaikan bersemedi, terfokus berkonsentrasi menahan diri untuk keluar nanti menabur keindahan menjadi seekor kupu-kupu.

Apa nyambungnya dengan kita? Hehehe... bisa jika mau memetik pelajaran bagi kita. Dimana proses ini membutuhkan kesabaran, yang sebelumnya kita melatih diri dengan keuletan dan kegigihan berjuang. Jika kita tak mau bersabar menjalani prosesnya, keindahan itupun akan lenyap nantinya. Banyak diantara kita tak mau bersabar menghadapi ujian demi ujian yang dilalui.

Seperti yang dilakukan kita dibulan Ramadhan ini dengan melakukan puasa sebulan penuh, untuk melatih keimanan kita dan merasakan rasanya bagaimana lapar dan haus. Dan akhirnya kita mendapatkan kemenangan di hari Raya Idul Fitri.

Didunia bisnispun seperti itu diperlukan kesabaran dan keuletan, jangan kita baru saja membuka usaha sudah terburu-buru untuk membuka cabang baru, ingin cepet untung besarlah, ingin cepet balik modallah, dan serba ingin cepat instan. Sudah kayak mie instan saja, mie instan juga harus berproses untuk menjadi matang dan disantap. Tak instan juga proses membuat mie instan itu, betulkan? Karena kita harus rebus air sampai mendidih, siapkan mangkok dan buka bungkus mie dan bumbunya, jika sudah mendidih masukkan mienya sampai matang. Lah kok jadi jelasin cara membuat mie...hahaha jadi lapar... Hus Puasa.... Lanjut...

Dunia ini tak ada yang instan, semua membutuhkan proses. الله juga menciptakan Bumi dan langit ini berangsur-angsur tak langsung. Bukannya  الله tidak mampu langsung jadi, melainkan untuk pembelajaran bagi kita manusia. Bahwa semua butuh proses bagi makhluk untuk berpindah atau berubah menjadi lebih baik.

Proses kepompong itu proses pendewasaan kita agar kita siap menerima dengan mawas diri dan selalu rendah hati ketika telah mencapai dipuncak sana nantinya. Kesiapan itu diterima dengan pemikiran dan keteguhan dalam menjalani kesabaran akan cobaan demi cobaan ketika sedang berusaha menaiki puncaknya.

Kita harus memahami proses demi proses yang kita alami ketika berjuang untuk menggapai impian kita. Jika anda seorang pengusaha harus faham dan mengerti akan fase uang yang selalu berputar. Saya sudah sedikit menyinggung apa itu fase uang di artikel sebelumnya.

Proses kepompong di tahap ini bisa disejajarkan dengan fase kehilangan atau titik nadir (titik rendah). Titik nadir itu ialah titik dimana kita berada di bawah, titik terendah pada kehidupan kita. Jika kita mau sabar, tabah, dan yakin bahwa semuanya akan dilalui, pasti kita akan meraih kesuksesan gemilang itu nantinya.

“Berdoalah agar diberi kekuatan dalam menghadapi setiap masalah, bukan diberi kemudahannya.”


Hanya dengan kekuatan yang bernama ketabahan akan masalah yang datang ketika kita sedang berjuang menggapai mimpi. Keuletan yang sebelumnya telah kita miliki dan mengakar ke dalam diri kita, jangan sampai terkalahkan hanya karena ada masalah yang datang. Dan kita jangan sampai mudah menyerah begitu saja yang akan menyebabkan kita akan terperosok ke lembah kegagalan.

Jika kita berharap selalu ingin diberi kemudahan-demi kemudahan untuk apa الله menciptakan masalah atau ujian untuk kita? Masalah itu yang akan membuat kita mau bangkit atau hanya akan terpuruk. Bersyukurlah jika kita bangkit lagi dari keterpurukan masalah yang menghadang. Jangan sampai kita berputus asa, karena itu akan membuat الله membenci kita. Dan secara tidak langsung semua impian-impian kita musnah di makan oleh rasa putus asa dan berujung menyerah.

Selalu ingat di dunia ini ada dua batu pilihan, yaitu Batu Sandungan dan Batu Loncatan. Kita yang memilihnya, apakah kita mau tersandung dengan batu sandungan jika ketemu dengan masalah atau kita memilih batu loncatan untuk mau berfikir positif kenapa masalah itu ada untuk kita?

Yah segitu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi para pengunjung sekalian… Jangan Lupa di share yah..



0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..