blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger

12.37.00 eka julianto arif 0 Comments

Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger-

Halo sobat pengunjung sekalian, kali ini saya ingin berbagi info Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger. Bagi yang tidak tahu apa itu blog, di artikel sebelumnya telah saya singgung Apa Sih Blog?. Tidak diharuskan sih anda membuat blog di blogger.com, bebas saja anda mau membuatnya di Wordpress.com, wordpress.org, blogsome.com, blogdrive.com, typepad.com, movabletype.com, dan yang lainnya.

Mengapa harus blogger, ada 3 kelebihan yang bisa di dapat:
  • Mudah di gunakan bagi pemula seperti saya ini, tanpa harus coding ini dan itu. hehehe
  • Bisa di ganti tampilan nya, seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya
  • Custom domain atau domain mapping, yaitu dengan mengubah alamat blogspot anda dengan alamat domain sendiri. Misalnya ekagoblog.blogspot.com menjadi ekagoblog.com.
Nah gimana caranya membuat blog dengan mudah

Buat akun gmail 


karena blogger termasuk salah satu platform layanan google, jadi anda diharuskan memiliki akun email dari gmail. Buat terlebih dahulu di gmail.com. Setelah di buat, silahkan balik kesini lagi yah.

Buat Blog

Setelah membuat akun gmail, Silahkan Login ke blogger.com



Kemudian Klik Button Blog Baru






Kemudian isi form seperti yang tertera di gambar dibawah ini, tapi untuk bagian Alamat, anda diharuskan memiliki alamat blog yang belum dimiliki orang lain, sampai tertulis Alamat blog ini tersedia. Kemudian pilih template. Dan klik Buat blog!




Blog anda selesai dibuat, mudah bukan? untuk langkah selanjutnya anda ingin memposting untuk pertama kalinya, klik tombol/button pensilnya dan untuk melihat blognya lihat klik Lihat blog






Misalnya anda ingin memposting artikel, Tuliskan Judul Artikelnya yang ada diatas disamping tulisan Entri. Kemudian Isi Artikel anda.

Ada 4 button, yaitu

  • Publikasikan, yaitu untuk mempublikasikan artikel postingan anda ke blog anda.
  • Simpan, yaitu menyimpan hasil artikel anda dalam bentuk draft, yang tidak akan ditampilkan di blog anda.
  • Pratinjau, yaitu untuk melihat hasil sementara sebelum di publikasikan ke blog anda. Ada baiknya sebelum mempublikasikan artikel anda, anda lihat pratinjau dahulu.
  • Tutup, yaitu untuk menutup laman Entri artikel.
Untuk Setelan Entri yang ada di sebelah kanan anda bisa isikan, disana juga terdapat 6 bagian, yaitu
  • Label, yaitu untuk memberikan kategori artikel anda, seperti artikel bisnis, catatan harian, tutorial, dan lainnya.
  • Jadwal, yaitu untuk menyetel jadwal publikasi postingan anda, mau otomatis atau bisa di setel, misalnya anda menyetel tanggal 23 Juni 2016 jam 12.30. Maka pada waktu yang tersebut tadi artikel postingan anda akan terpublikasi sesuai jadwal.
  • Link, yaitu untuk menyetel alamat web anda, mau tautan permanen otomatis atau permanen khusus. kalau saya jarang menyetelnya biarkan otomatis saja.
  • Lokasi, yaitu untuk melihat lokasi anda memposting artikel, apakah di indonesia, papua, amerika, dan lainnya. Saya juga tidak pernah mengisinya. hehehe
  • Deskripsi Penelusuran, yaitu Deskripsi singkat dari isi keseluruhan artikel anda, agar bisa terindeks oleh mesin penelusur, seperti google, yahoo, dan lainnya.
  • Pilihan, yaitu untuk pengaturan komentar pembaca, tautan balik, mode tulis dan baris baru.
Selesai sudah pembahasan kali ini tentang tutorial blog, selamat bagi anda yang baru memiliki blog lewat bimbingan artikel sederhana ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share. Terima kasih blogger...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..