blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Bagaimana Cara Anda Mendapatkan Manfaat dari Blogging?

20.31.00 eka julianto arif 0 Comments

Bagaimana Cara Anda Mendapatkan Manfaat dari Blogging?


Jika Anda sudah memiliki website statis yang ingin di optimalkan kunjungannya, ada baiknya Anda memiliki sebuah blog. Blog tersebut dapat menambah, atau meningkatkan kunjungan terhadap web Anda nantinya.

Kemampuan blog selain tesebut diatas bisa juga untuk menyediakan pelanggan atau pembaca Anda berupa konten terupdate setiap hari, atau setiap minggunya. Hal itu dapat membuat bisnis Anda tetap berjalan bahkan selama bulan-bulan lamanya.




Blogging juga merupakan cara yang bagus bagi pemilik usaha kecil, dengan sedikit pengetahuan tentang desain web, dan anggaran kecil untuk membuat sebuah weblog yang profesional dan atraktif. Banyak desainer web menjual jasa dengan biaya lebih murah untuk desain dan instalasi blog Anda, yang disesuaikan anggarannya dari yang akan Anda bayar nanti untuk desain situs weblog, html, atau cssnya.


Jika Anda kesulitan dalam hal membuat Blog, Anda bisa menghubungi saya atau Anda bisa belajar tutorialnya disini http://shop.bisniseka.com/product/blogger-newbie/


Ketika dunia blogging pertama mulai menjadi populer di kalangan para pebisnis, saya dahulu lamban memperhatikan perubahannya tersebut. Bagi saya sepertinya aktivitas blogging ialah hanya untuk membuang-buang waktu saja dan tidak berguna sama sekali.

Namun saya melihat semakin banyak pesaing saya yang mematikan web statis mereka dan menggantinya dengan blog yang dirancang dengan baik juga profesional. Ada juga pesaing saya yang lain yang telah membuat situs web mereka ada, namun mereka menambahkan tautan ke situs blog mereka dengan mengirim konten-konten yang bermanfaat pada blognya. Oleh karena itu, Saya memutuskan untuk mulai belajar lebih banyak tentang blogging, tapi saya tidak ingin mengubah atau mengganti format situs saya sampai saya yakin dengan benar bahwa blogging bisa mengoptimalkan bisnis saya nantinya.

Saya bermain-main dengan beberapa platform blogging yang berbeda. Saya membuat blog pribadi saya di Blogger yang sedang Anda baca ini. Selain mudah dan murah, Anda bahkan diberikan Gratis 15 GB yang disediakan oleh Google untuk hosting Anda di Blogger.

Dan kemudian setelah itu saya bermain diblog WordPress. Yang membuat lebih nyaman dan profesional dalam pengembangan wawasan dalam hal hosting dan system direktori lainnya yang terdapat di dalamnya. Itu merupakan ilmu yang sangat bermanfaat di zaman sekarang ini.

Saya menginvestasikan banyak waktu untuk menyiapkan posting blog awal saya dan berinteraksi dengan klien saya. Dalam banyak kasus, pos saya selama seminggu penuh saya siapkan,  dan pada hari Senin saya publikasikan di blog pada interval yang ditentukan sepanjang minggu.

Setiap saat seseorang berkomentar di posting blog saya melakukan yang terbaik untuk menanggapi komentarnya. Bahkan jika walau hanya untuk mengatakan 'terima kasih telah berkomentar'.

Ini memungkinkan pengguna untuk mengomentari posting di blog Anda tersebut dapat meningkatkan bisnis dan reputasi perusahaan Anda dengan sangat pesat nantinya. Banyak calon klien membuat keputusan untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda nanti hanya berdasarkan testimonial dan ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan lain di Blog Anda.

Karena komentar tersebut, akan menjadikan umpan balik mengenai produk dan layanan Anda nantinya, terkadang mereka lebih afektif daripada kampanye periklanan yang paling mahal dan dipikirkan dengan baik sekalipun.

Komentar ini juga dapat berfungsi sebagai bagian yang tidak biasa yang Sering Diajukan. Seringkali pengunjung lebih cenderung membaca komentar di posting blog yang berhubungan dengan pertanyaan atau masalah yang mungkin mereka hadapi daripada mengunjungi FAQ situs Anda. Betul???

Dengan memungkinkan klien mengeposkan komentar secara terbuka, dan menjawab komentar secara terbuka, Anda mungkin akan membiarkan orang lain mengajukan pertanyaan yang sama. Ini akan mengurangi jumlah email yang harus Anda jawab dan panggilan telepon yang mungkin Anda terima di bisnis Anda.

Selain itu, menjawab komentar ini dan berkomunikasi dengan pembuat komentar (mengucapkan terima kasih) menunjukkan kepada pembaca dan klien, bagaimana Anda dan perusahaan Anda memperlakukan pelanggan.

Saya tidak dapat memberi tahu Anda berapa kali klien, atau klien potensial, telah mengeposkan komentar ke salah satu blog saya yang memberi tahu saya bahwa mereka menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka rencanakan dengan meminta komentar yang ditinggalkan oleh pengguna lain. Pada beberapa kesempatan, klien pesaing telah meninggalkan komentar yang mengatakan bahwa mereka mencari di internet untuk mendapatkan resolusi masalah mereka sendiri dengan situs lain, dan menemukan jawabannya berkat blog saya. Ini sangat memuaskan dan memberi tahu saya bahwa blog saya menyediakan lebih banyak informasi daripada pesaing saya.

Perlu diingat bahwa jika Anda mengizinkan pembaca untuk mengomentari posting blog Anda, Anda perlu mengambil langkah untuk memantau isi posting ini. Meskipun ada perangkat lunak yang tersedia untuk membantu mencegahnya.

Manfaat Memiliki Blog


Tadi telah terang benderang di jelasakan diatas sedikit manfaat Anda memiliki Blog. Ini ada info lagi tentang manfaat memiliki blog secara detail dan terperinci menurut romelteamedia.com. Mereka menyebutkan bahwa jika Anda memiliki sebuah blog maka Anda akan memiliki 20 kelebihan yang bisa didapatkan jika Anda memiliki blog. Yaitu:

1.    Get a Better Job


Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang. Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan ngeblog, anda mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.

Fotografer, desainer, penulis, pebisnis dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blognya, juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidangnya. Ringkasnya, blog itu menjadi "personal branding" kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

2.    Start a New Business 

Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business). Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa medapatkan 100.000 dolar per tahun!

3.    Get More Clients to Your Existing Business 


Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis. Website statis tidak menarik bagi klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara regular dan berkala akan bisa membuat aliran konstan yang terarah baik dari seluruh dunia.

Ketika Anda mempublikasikan posting blog mendalam yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu. Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda. Ini akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi anda.

4.    Become a Better Writer 

Menjadi penulis yang lebih baik. Blog itu mengasah keterampilan menulis. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog! Saya sendiri sebelumnya bingung bagaimana menulis itu. Yah saya coba saja dengan menulis blog, perlahan satu artikel seminggu sekali, bahkan sebulan sekali, tapi saya usahakan untuk menulis di blog, walaupun sedang duduk di taman bisa menggunakan aplikasi smartphone “Blog It!”. Lama kelamaan menjadi asyik ngeblog itu, sampai saya usahakan membuat sebuah ebook yaitu Blogger Newbie untuk bisa bermanfaat pula bagi anda nantinya.

5.    Become a Published Author 

Menjadi penulis di media. Mungkin pada awalnya anda hanya menulis untuk blog anda, bisa jadi suatu saat anda ditawari untuk menjadi penulis di media yang pastinya akan mendapatkan honor. Yaitu dengan menulis artikel opini, berita, dan lainnya.

6.    Get Immediate Feedback 

Mendapatkan umpan balik yang cepat. Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik "Publish". Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.

7.    Learn More About a Group of People 

Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang. Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog, Google Analytic atau Google Trends.

8.    Gain Influence 

Ingin mendapatkan pengaruh di dunia? Apa cara terbaik untuk mendunia? Anda bisa menjadi politisi, artis, aktivis, atau relawan (volunteer). Jika semuanya tidak Anda lakukan, maka menjadi blogger alternatif terbaiknya! Blogger yang sukses akan meraih fans, pengagum, kepercayaan, dan respek.

9.    Establish Yourself as an Expert in Your Field 

Memapankan dan meningkatkan keahlian. Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian kita akan meningkat di bidang tertentu yang menjadi "niche" blog Anda. Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog soal blogging, akan menunjukkan keahlian blogging, demikian pula ngeblog soal jurnalistik, akan menunjukkan kemahiran Anda di bidang itu. Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, Anda akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.

10.    Build a Network


Membangun jaringan. Ini pasti. Ngeblog menjamin Anda akan memiliki jaringan --pertemanan dan bisnis. “The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work,” kata Robert Kiyosaki.

11.    Learn In-Demand Skills 

Dengan ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTML, dan CSS yang merupakan "keterampilan bernilai tinggi" (highly valued skills) di masa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.

12.    Improve Your SEO 

Sama seperti no. 11, ngeblog akan membuat kita akrab dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni sebuah proses, teknik, trik yang bertujuan menjadikan posting blog atau website cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page).


13.    Collect Emails 

Mengumpulkan email. Meskipun sudah ada media sosial, tapi email masih menjadi sarana komunikasi online andalan. Orang biasa mengecek email secara reguler. Ngeblog membuka jalan untuk "koleksi email" dari komentar ataupun dari pengunjung yang langsung kirim email ke Anda. (Maka, jangan lupa membuat halaman "about me" atau "hubungi saya" di navigasi menu blog Anda). Anda juga bisa memasang Optin Email Berlangganan di blog Anda.

14.    Stay Knowledgeable in Your Field 

Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus terbarui. Saat menulis posting, Anda akan Googling dulu untuk mencari data atau "ngintip" tulisan blogger lain tentang tema yang Anda angkat.

15.    Sell a Product 

Blog bisa menjadi sarana pemasaran online. Anda bisa menjual produk. Benar, di Facebook pun bisa, tapi ingat.... mayoritas Facebooker tidak suka iklan! Ada banyak para pebisnis online memasarkan produknya via blog, bahkan website statis pun harus memiliki blog agar dibaca pelanggannya. Ini sudah saya jelaskan diatas tadi.

16.    Talk to Your Idols 

Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.

17.    Express Yourself 

Menulis blog itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri Anda, bahkan sekadar menunjukkan video atau gambar favorit Anda.

18.    Help Others 

Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca. Anda bisa berbagi soal makanan yang enak, tips mengurus burung kenari, dan sebagainya. Dengan ngeblog, Anda sedekah ilmu dan menginspirasi orang banyak. Seperti yang sering saya share diblog www.bisniseka.com yang membahas tentang strategi Bisnis Internet.


19.    Build Trust Online 

Blog membangun kepercayaan online. You can’t buy trust! Anda tidak bisa membeli kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca. Poin ini terkait dengan poin  #9 tadi diatas.

20.    Take Control of Your Online Identity 


Blog itu menjadi "biodata online" atau "profile online" Anda. Anda akan dikenal dan diketahui. Orang akan mudah mengetahui siapa Anda lewat blog yang Anda miliki. Jika dirasa info diatas masih kurang, saya telah mewawancarai salah satu Blogger juga yaitu Om Djangkaru Bumi. Silahkan Baca disini Tips Blogging Ala Djangkaru Bumi.

Nah masih belum mau memiliki BLOG? Kalau anda tidak mau memiliki blog, Anda akan mendapatkan kerugian akan banyak hal nantinya. Pilihan ditangan Anda....

Terutama sebagai seorang pebisnis harus memiliki blog untuk orang mengetahaui siapa kita.. Maka itu Milikilah Blog…


Ingin belajar Nge-Blog Lebih lanjut? Info Lengkap Isi email Anda

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..