blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Bagaimana Cari Pencerahan Ketika Hendak Menulis Artikel?

08.29.00 eka julianto arif 0 Comments

Bagaimana Cari Pencerahan Ketika Hendak Menulis Artikel?


Udah hampir 2 minggu enggak update blog ini, dikesempatan ini saya ingin menjawab kecemasan yang di dapat dari salah satu subscriber saya yaitu " Adakah Solusi, Ebook atau Training Supaya saya dapat pencerahan di dalam mengisi konten/artikel di website, Karna saya masih newbie."

Oke akan saya jawab, namun saya ingin meluruskan terlebih dahulu tentang istilah Newbie ini. Banyak orang yang menganggap dirinya seolah merendahkan sekali, padahal menurut saya setiap orang adalah memiliki kemampuan plus-plus yang membedakan dengan lainnya.

Jadi, bagi saya gak ada newbie dan gak ada mastah. Semua sama saja masih belajar, bisa jadi yang newbie lebih pintar dan tekun yang lama kelamaan sang Mastah pun bisa terkejar karena kenyaman dia yang terlalu di cap mastah. Nah pada logo blog ini juga saya menuliskan moto "No Newbie No Mastah".

Saya amat sangat senang Anda aktif bertanya kepada saya via email, karena siapa tahu saya bisa menjawab salah satunya dengan artikel kali ini.

Memang penting sekali untuk selalu update artikel di blog Anda, karena jika tidak pengunjung lama Anda akan bosan karena blog Anda tidak ada update an lagi. Seperti halnya seorang Youtuber yang selalu update video bahkan ada yang hampir setiap hari untuk memberikan sesuatu konten yang berkualitas bagi para subscribernya.

Untuk memulai menulis sebuah artikel atau konten bagi blog Anda, ada beberapa tahap yang harus Anda perhatikan. Tahapan ini saya dapatkan dari sebuah buku yaitu Digital Marketing In Action (dengan beberapa perubahan dari saya):

Identifikasikan Market Anda


Anda harus mengetahui dahulu target market Anda, jika Anda membuat sebuah blog usahakan buatlah yang satu topik bukan blog yang bisa dibilang "Gado-Gado" karena akan sangat sulit untuk membuat artikel yang gado-gado itu.

Pengunjung akan bingung apakah blog Anda itu topiknya apa? Nah disini kuncinya. Tentukan Niche blog Anda.

Karena artikel yang tulis merupakan bagian dari strategi marketing Anda, sehingga harus menunjukan keahlian Anda dan menginspirasi pembaca terhadap produk atau jasa yang Anda berikan.

Misalnya, Jika Anda bergerak di bidang Herbal maka artikel Anda harus berkisar pada subjek Herbal saja bukan lainnya. Jangan seperti blog saya Ekagoblog.com ini hehehe.. Untuk bisnis, internet marketing, strategi pemasaran saya selalu update artike di www.bisniseka.com.


Penulisan Judul Artikel 


Judul artikel amat sangat memegang peranan penting agar pengunjung Mau atau Tidak untuk membaca artikel Anda lebih lanjut.

Pastikan menggunakan judul artikel yang relevan dengan isi artikel Anda. Saya pernah terjebak melihat artikel yang judulnya menarik namun begitu dibuka isi artikelnya tidak sesuai dengan Judulnya. Mungkin dia lelah pengunjung blognya sepi jadi buat sensasi.. 😄😄😄




Tulis Isi Artikel Yang Ramah SEO 


Lagi-lagi SEO, hehehe

Yah gak bisa dipungkiri lagi jika blog Anda ingin ramai berarti isi artikel Anda harus ramah SEO. Karena dengan begitu akan memberikan kesempatan pada artikel Anda untuk muncul di halaman awal mesin pencari.

Beberapa yang harus diperhatikan yaitu:

1. Tulis artikel Anda antara 300 - 500 kata.
2. Masukkan referensi dari website yang terpercaya lainnya, dan masukkan backlink pada website referensi tersebut.
3. Tutup artikel Anda dengan 2-3 kalimat tentang diri Anda dan disertai backlink ke website Anda.

Mungkin Anda harus ikut kursus privat SEO Platinum disini: https://goo.gl/FCR5HU
untuk membantu menjawab permasalahan mengenai SEO secara lengkap.


Pastikan Artikel Anda Bermanfaat dan Memiliki Saran Untuk Melakukan Tindakan 

Artikel yang baik menggunakan kalimat pembuka yang kuat, pada kalimat pembuka ini pembaca harus menyadari bahwa mereka menemukan solusi dari permasalahan yang mereka temui. Sehingga mereka mau membaca isi dari artikel Anda selanjutnya.

Ketika mereka telah membaca isi dari artikel Anda, maka sisipkan solusi, opini, informasi, saran lainnya mengarahkan pembaca Anda terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Mungkin Anda harus baca artikel saya ini mengenai teknik nya http://www.bisniseka.com/hint-selling-covert-selling/



Jadwalkan Penulisan Secara Disiplin


Amat sulit jika Anda tidak disiplin untuk menuliskan blog, misalnya ada buat alarm di Smartphone Anda jadwal kalender untuk menulis artikel. Saya juga menjadwalkan penulisan via Smartphone saya agar saya ingat bahwa saya harus update artikel.

Nah begitu beberapa saran dan trik menulis artikel agar selalu update. Semoga mencerahkan bagi Anda pengunjung baru dan pengunjung lama saya. Terutama untuk Anda yang sudah berkonsultasi via email ke saya.

Terima Kasih...


Dapatkan tips bisnis internet dan nge blog Langsung Dari Saya Langsung Via Email Secara GRATIS??
*Cek email yah, infonya dikirim via email

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..