blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

3 Cara Mudah Menciptakan Kebiasaan Baik

10.55.00 eka julianto arif 0 Comments


Sobat pengunjung yang baik hati. Banyak sekali dari kita terutama saya pribadi sering melalaikan suatu kebiasaan-kebiasaan baik. Baik itu dari segi ucapan maupun sikap kita. Padahal penting sekali merubah itu semua dengan langkah yang mudah.

Langkah itu sering kita abaikan, padahal setiap hari kita diberikan waktu 24 jam. Kita menyia-nyiakan waktu itu. Tanpa terasa detik demi detik, menit demi menit, jam ke jam, hari ke hari, bahkan sampai tahun ke tahun, kita telah lalai memperbaiki diri kita ini. Tak terasa ajal pun menjemput kita. Yang membuat sedih ialah kita telah jadi apa? Kita telah berguna apa tidak? Atau malah kita menjadi pengacau bagi kehidupan orang lain.



Tiga rumusan ini saya dapat dari Buku How To Master Your Habits karya Ustadz Felix Y. Siauw, yaitu

Mulai Dari Yang Kecil

Suatu hal besar pasti terdiri dari hal-hal kecil. Kita harus mengubah hal buruk lama kita dengan hal-hal baru. Yah dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Mematok target yang tinggi hanya akan menghasilkan rasa jenuh dan putus ditengah-tengah. Mematok target besar cenderung gagal dan apabila kita telah terbiasa, kita akan menaikkan secara otomatis jumlahnya.

Misalnya kita ingin memiliki kebiasaan membaca buku, maka mulailah dengan 10 menit sehari membaca buku, atau 10 lembar perhari membaca buku. Nanti lama kelamaan kita terbiasa dan akan menambahkan jumlah lembar bacaan buku kita.


Temukan Tempat Habits
Untuk melatih sebuah habits itu maka kita harus menyisipkan habits itu pada habits lain yang sudah solid ( sudah jadi ). Kuncinya adalah kata Setelah. Misalnya, saya akan membaca setelah sholat subuh, atau saya akan menulis artikel setelah mandi sore dan lain sebagainya.

Menyisipkan kata setelah membuat habits terotomatisasi oleh waktu sebagai pemicunya, ada tigger dengan kata setelah.


Berlatihlah Terus

Mungkin diawal kita merubah habits lama kita ke habits yang baru kita akan sering lupa. Saya ingat biasanya gak pernah olahraga angkat beban, saya biasakan setelah makan atau setelah jam 10 pagi saya akan angkat beban minimal 15 menit. Tanpa terasa jika terbiasa malah sekarang 1 jam perhari. Aneh juga sih.

Jika masih tetap lupa kita harus sering menempelkan pengingat habits di mana saja yang sering kita lihat. Bisa di cermin, kamar tidur, di kantor dan dimanapun.

Bisa juga kita meminta teman untuk selalu mengingatkan habits yang akan kita latih dan ingat lakukan itu setiap hari. untuk mengubah pola kebiasan-kebiasan kita.

Yah begitulah 3 langkah sederhana yang bukan sederhana bagi yang malas melakukannya untuk disiplin. Selamat mencoba habits baru anda...

Semoga bermanfaat...
Terima kasih sudah meluangkan waktu berkunjung..

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..