blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Menikmati Keindahan Curug Cigamea Bogor

20.13.00 eka julianto arif 0 Comments



Perjalanan demi perjalanan telah dilewati untuk mencapai Curug Cigamea yang terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor itu melelahkan hati dan fikiran yang lagi galau. hehehe.

Hawa panas yang dirasakan ditengah perjalanan tadi terobati dengan semakin mendekati wilayah bogor, apalagi mendekati wilayah Gunung Salak Endah. Tak bisa diungkapkan oleh kata-kata. Indah dan menawan, alam ini tak pernah membohongi kita dengan pemandangan palsu dan semu. Mengapa manusia banyak yang bertopeng dan membohongi setiap individu, hanya sedikit saja yang jujur.



Saya jadi teringat lagu Punk yang berbunyi " Yang Kaya Semakin Kaya, Yang Miskin Tambah Miskin. Yang Pintar Membodohi, Yang Bodoh Dibudayakan.. " hehehe Saya jadi melantur kemana-mana..

Untuk Anda yang ingin destinasi wisata ke Curug Cigamea bisa Anda ikuti petunjuk arah Google Maps yang telah saya lampirkan dibawah ini. Alamat lengkap Lokasi Curug Cigamea yaitu



Ada 15 Curug yang ada di Bogor bisa Anda nikmati, ada Curug Bojong Koneng, Curug Bidadari, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Cihurang, Curug Seribu, Curug Panjang, Curug Naga, Curug Cilember, Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Cikaracak, Curug Ciismun, Curug Cibeureum dan Curug Cigamea.

Semuanya bagus dan belum saya kunjungi. Jadi saya mencoba kunjungi salah satunya yaitu Curug Cigamea, kata teman-teman sih bagusan curug Cigamea, yausudah saya coba menjajal kesana terlebih dahulu.

Kalau dari Tangerang lumayan 3 jam-an untuk menuju kesana, bisa lebih lama karena tadi saya dengan adik saya kejebak macet dan banyak perbaikan jalan. Jadi putar-puter jalannya yang membuat perjalanan semakin jauh dan melelahkan. Kami sih enjoy aja..

Harap diperhatikan mesin motor dan mobil Anda sebelum berangkat, karena jalannya lumayan agak nanjak. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar yang full agar tidak mogok  nantinya. Kan nantinya jadi ribet membuat lambat sampai ke tujuannya.

Sebelum sampai kesana saya dan adik, sempatkan berfoto ria terlebih dahulu untuk istirahat sejenak dari perjalanan yang lumayan jauh.








Setelah energi terisi kembali kami melanjutkan perjalanan, ketika hendak memasuki kawasan Cigamea sudah pasti Anda harus melewati gerbang Gunung Salak Endah (GSE). Disana tadi saya dipungut biaya masuk Rp.25.000,- dan kemudian Anda diperbolehkan masuk.

Bingung juga sih sebenarnya karena tidak ada tanda bukti oleh petugas tersebut. Seperti pungli tapi mungkin peraturannya seperti itu. Demi memasuki kawasan Curug Cigamea tak apalah. Ini penampakan Gerbang Masuk Gunung Salak Endah.

source dari ahmadpajalibinzah.blogspot.co.id karena lupa memfotonya

Kemudian setelah melanjutkan perjalanan ketemulah Gerbang masuk lagi (bukan gerbang sih) semacam Gapura saja. Penampakannya seperti dibawah ini.



Kehadiran kami bertepatan Ujian Kenaikan Kelas Pencak Silat Mustika. Jadi lumayan ramai sekali yang memakai baju hitam hitam ala Pencak Silat. Setelah masuk kembali kami ditagih biaya per orang Rp. 10.000,- dan Parkir motor Rp. 5.000,- . Lumayan murah sekali yah...



Ada sisi kebingungan yang menyelimuti kami, karena ketika sudah masuk, Anda akan berjalan tanpa ada yang memberitahu atau memandu untuk masuk ke wilayah Air Terjun atau Curug Cigamea tersebut. Apalagi petugasnya tidak mengenakan seragam ataupun atribut lainnya yang bisa membedakan kami. Mana petugas yang berjaga atau pengunjung. Bingung bingung ku memikirnya...

Setelah diberi petunjuk yang itupun kami yang bertanya mana arah ke Curug Cigamea, kami kemudia menuruni jalan setapak demi setapak seperti tangga kebawah yang lumayan curam. Maka itu harap berhati-hati jangan sampai terpeleset disamping kiri terdapat jurang yang lumayan dalam dan membuat kepala pening jika melihat dari atas.











Bisa disimak video amatir kami dibawah ini




Akhirnya setelah melewati perjalanan yang lumayan landai dan mengerikan bagi saya karena takut jatuh terpeleset. Kami bisa menikmati Air Terjun Cigamea yang Indah sekali. Ternyata disana terdapat dua buah air terjun. Pantas saja kata temen saya bagusan cigamea...

Menurut info Air terjun Cigamea berarti air terjun yang bergemuruh, memang sih gemuruhnya terdengar mengagumkan...  Air terjun ini ada dua bagian

Bagian Kiri


source ahmadpajalibinzah.blogspot.co.id

Air terjun sebelah kiri berjarak sekitar 30 meter dari air terjun pertama dan berada di celah tebing. Air terjun yang ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dengan aliran air yang turun semakin lebar membelah tebing bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang cukup deras dibandingkan air terjun yang pertama.

Kolam limpahan air yang ada di bawah air terjun kedua ini cukup luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam, sehingga dapat digunakan para penelusur untuk berenang.



Bagian Kanan




Air terjun bagian kanan ini lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlalu dalam dan luas sehingga tidak bisa digunakan para penelusur untuk berenang. Banyak bebatuannya sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Kalau menurut saya pribadi lebih bagus air terjun yang kedua ini dari segi keindahannya. Maka itu saya dan adik saya banyak berfoto dibagian ini. Bukan gak mau ke air terjun satunya lagi melainkan ingin cepat saja untuk menikmati air terjun itu. Keduanya bagus dan Anda akan sangat nyaman dan senang menikmati pemandangan alam disana.























Jika sudah agak sore sekitar jam 5-an para monyet akan turun menyerbu. Karena itu pengunjung diharapkan menjauh disebabkan oleh monyet-monyet ersebut berada diatas tebing. Itu membuat batu-batu berjatuhan, ditakutkan mengenai pengunjung.

Karena semakin banyak kera kami sudahi saja destinasi wisata kali ini. Untuk mengganti baju bisa Anda gunakan fasilitas Toilet yang sudha tersedia disana. Tapi yang pastinya Anda harus mengeluarkan uang lagi sebesar 3ribu rupiah.

Dan ketika kami pulang, kami melalui jalan salah yaitu keatas dan melewati parkiran yang lumayan jauh yang menyebabkan kami harus berjalan lagi menuju parkiran yang dituju.

















Menurut saya Kelebihan wisata Curug Cigamea yaitu
1. Mudah dijangkau baik menggunakan Angkutan Kota ataupun Kendaraan Pribadi.
2. didaerah kawasan Gunung Salak Endah terdapat air terjun/ Curug yang lainnya yang telah saya sebutkan diawal tadi dan ketika sudah berada disini Anda bisa mengunjungi Curug yang lainnya.
3. Murah biayanya dibanding harus bepergian ke mall atau nonton bioskop
4. Suasana masih hijau, asri dan alami. Seperti udaranya masih sejuk dan dingin tak terjemar debu-debu Karbonmonoksida yang menyesakkan.

Kekurangannya
1. Banyak sampah yang beterbaran
2. Warung yang terlihat kumuh dan tak menarik yang sekedar asal warung saja.
3. Petugas tidak diberikan seragam, yang membuat kami bingung mana petugas mana pengunjung.
4. Terlalu banyak pungutan biaya, seperti ke toilet saja harus membayar lagi. Padahal sudah mebayar di awal tadi masuk gerbang dan masuk ke curug nya.

Begitu saja menurut saya tetap enjoy aja melihat pemandangan disana karena agak bosan melihat pemandangan kota, gedung juga mall-mall. Jika Anda tertarik... silahkan berkunjung kesana... Jangan lupa dishare because sharing is caring....


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..