blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Tips Blogging Ala Djangkaru Bumi

08.57.00 eka julianto arif 10 Comments


Tips Blogging Ala Djangkaru Bumi


Artikel kali ini saya ingin menshare sukses blogging ala om Djangkaru Bumi dengan blog www.djangkarubumi.com. Setelah kenal lebih dekat beliau orangnya asyik walaupun saya belum pernah sih bertemu langsung hanya via chat atau email aja. Saya lihat blog beliau lumayan ramai dan menemukan blog beliau dari google.
Saya kemudian menanyakan atau bahasa keren dan seramnya Interograsi hehehehe, hanya 4 pertanyaan saja, yaitu

Apa sajakah yang harus diperhatikan untuk kesuksesan ngeblog?


Ukuran sukses ngeblog tergantung dari niat dan sudut mana, kalau niat ngeblog ingin berbagi pengalaman dan ilmu, ukurannya mudah. Jika ilmu itu bermanfaat bagi orang lain dan orang lain bisa merasakan dampak dari artikel yang dibuat, itu sudah sukses.

Tapi jika ukuran materi, ini yang sulit, tapi pada umumnya orang ngeblog tergiur sama iklan Googgle Adsense, kenyataannya itu tidak mudah. Perlu kerja keras dan butuh waktu yang lama. Seandainya menghasilkan dolar, itupun naik turun bahkan bisa hilang kena bandded google.

Ukuran sukses secara simple sebenarnya jika apa yang kita sampaikan lewat tulisan bisa dimengerti dan bisa dipahami serta bermanfaat bagi pembaca.


Strategi menulis yang bagaimana yang bisa meningkatkan pengunjung blog om?  


Strategi menulis ?
Sebenarnya ini pertanyaan yang rumit untuk dijelaskan. Ngeblogkan tidak harus orang yang pintar tata bahasa atau ahli menulis.

Blog sebagai wahana untuk belajar menulis dan menyampaikan pendapat lewat tulisan. Strateginya, menulislah sesuai dengan gaya bahasa keseharian masing-masing dan kegiatan yang menjadi kegemarannya.

Dan dari sanalah kemudian ide-ide menulis akan bermunculan. Jangan perdulikan tata bahasa, karena pembaca akan tahu inti apa yang disampaikan dan pembaca memaklumi kesalah dan susunan bahasa, bisa jadi pembaca akan memberikan koreksi. Inilah yang akan memberikan pengalaman sang adminnya untuk menjadi penulis yang lebih baik.



Monetize apa yang mas gunakan untuk mendapatkan penghasilan?



Inilah pertanyaan yang umum diajukan bagi blog pemula, semua pasti bertanya berapa pendapatan yang dihasilkan dari ngeblog dan bagaimana supaya menghasilkan uang dari blog.

Kalau belum apa-apa itu yang menjadi targetnya jangan heran akan putus arang ditengah jalan. Akan mati blognya dan tidak terawat. Harus dipahami, ngeblog itu sebagai aktualisasi untuk memperkenal diri ke kalayak lebih luas kalau istilah pemasaran Market branding ( Kalau tidak salah kata ) (Maaf om Personal Branding (hehehe saya benarkan yah)).
Sebelum ingin mendapatkan penghasilan dari internet seharusnya kembali bertanya kepada diri sendiri, yaitu apa yang sudah aku berikan pada dunia internet, ilmu dan pengetahuan apa yang sudah aku berikan kepada pengguna maya.

Hidup ini kan sebenarnya memberi dulu baru menerima.

Jika kita konsisten dalam ngeblog, nanti rezeki akan menghampiri sendiri.

Tawaran untuk publish ,review atau iklan mandiri akan datang. Atau mungkin dapat undangan dari sponsor untuk mengikuti event-event. Intinya jangan berharap lebih pada Google Adsense.



Beri nasehat bagi kami yang pemula di blog



Pertanyaan terakhir, malu utuk menjawabnya.

Sebenarnya aku belum layak memberikan nasehat. Sebab ilmu dunia perblogingan itu berkembang dan selalu dinamis. Apa yang aku ketahui, mungkin ilmu yang kuno dan mungkin tidak bisa diterapkan untuk perbloggingan saat ini.

Ya, kalau boleh memberi saran. Ngeblog itu bukanlah lari cepat yang harus ekstra keras agar bisa sampai ke tempat finish. Melainkan Blog adalah lari marathon, bahkan tidak ada istilah finish.

Jangan terlalu bersemangat ,atur staminanya agar tenaga tidak akan cepat terkuras. Perlu diingat juga ,tidak punya blog pun kita masih bisa bernafas dan masih bisa hidup didunia nyata. Sehingga jangan memaksakan diri untuk ngeblog, dunia nyata lebih utama...


Itulah sedikit share ilmu dari om djangkarubumi, saya juga belum tahu nama aslinya siapa. Saya lihat Facebook yang lainnya beliau bernama Trah Sengkuni.. Terima kasih banyak ilmu nya semoga para pembaca terutama para blogger bisa menambah wawasannya.

Jika Anda belum memiliki blog apalagi gak mahir bahasa pemrograman html atau css bisa anda ikuti panduannya disini (klik gambar banner dibawah ini):

http://bisniseka.com/blogger-newbie/

Jangan lupa di share yah, because share is caring bro..

10 komentar:

  1. Wah jadi terharu, intinya tetaplah menulis dan nyakinlah akan ada yang memperhatikannya. Jika nanti blog kita sudah dianggap layak bermanfaat, pasti akan ada orang yang menghampiri untuk mengajak bekerja sama. Semangat ngeblog !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih om djangkaru bumi atas sharenya. Mungkin nanti bagi ilmu yg lain lagi 😁

      Hapus
  2. blogger sejati, maknanya mendalam sekali, untuk yang baru memulai ngeblog rekomended wajib dibaca nih postingan ini, tidak melulu uang dari blog. super sekali ada hal hal yang mengingatkan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om... makasih banget sudah berkunjung dan berkomentar 😊

      Hapus
  3. Kalau saya kalau mang niat ngeblog ya ngeblog saja, nulis dan nulis terus, dapat trafik apa gak, ada visitor apa gak, dapat penghasilan apa gak, seo dan sejenisnya urusan nomor sekian. kalau ngeblognya model itu Insya Allah bisa jadi blogger yang konsisten, tapi kalau masih pemula mainsetnya uadah uang ngeblog pun juga gak akan bertahan lama ujung2nya vakum juga karena prustasi blog tak kunjung dapat penghasilan, tak kunjung dapat trafik, tak kunjung pejwan. dll. kalau jdi blogger model itu sebenarnya hanya belum menemukan passion yang tepat, biasanya cenderung hanya ikut2an, yang paling penting kuncinya adalah konsisten Insya Allah lama kelamaan akan menemukan sendiri passionnya karena pengalamanlah yang mengajari. semua butuh proses dan gak bisa instan, mie instan saja yang meski dibilang instan tetep saja kan masih butuh di proses agar jadi enak dimakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw betul sekali menurut om Rizkyzone.com
      terima kasih udah mampir

      Hapus
  4. Djangkaru Bumi, temen lama si nih.slh satu kunci suksesnya pantang menyerah....hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali.. pantang menyerah..
      terima kasih udah berkunjung

      Hapus
  5. Salah satu suhu blogging Indonesia, inspiratif wawancaranya Bro :)

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bang fuji.. semoga bermanfaat.. dan salam kenal juga..
      makasih udah berkunjung

      Hapus

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..