Persaingan Alibaba Cloud VS AWS Di Indonesia

20.35.00 Andi Leangle 1 Comments


Transformasi digital di Indonesia berkembang cuup pesat, berbagai perusahaan teknologi cloud computing bersaing  dalam berkompetisi untuk menawarkan produk terbaiknya. Seperti yang terlebih dulu dilakukan perusahaan cloud Amazon Web Service (AWS), yang telah berinvestasi besar untuk pasar di Indonesia.

AWS bisa dibilang sebagai pemain di industri data center cloud computing yang cukup berani menantang di pasar Indonesia. Pada 2019 lalu, induk perusahaannya yaitu Amazon berinvestasi di Indonesia melalui AWS dengan nilai mencapai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,9 triliun untuk pembangunan infrastruktur data center hingga akselerasi talenta digital.

Sementara itu Alibaba Cloud hadir sebagai competitor pendatang baru yang akan jadi penantang perusahaan AWS. Layanan Alibaba Cloud Resmi Masuk ke Indonesia (10/6/2020) kini sedang gencar-gencarnya mulai mengembangkan pasar di Indonesia. Berbagai langkah dan upaya dilakukan perusahaan untuk dapat bergabung dalam transformasi digital Indonesia, termasuk dengan cara menambah kualitas sumber daya dan pembangunan infrastruktur data center.

Menanggapi persaingan kompetisi sengit itu, Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen,  menyambut baik kompetisi di industri data center oleh pihaknya. Dengan adanya kompetisi Alibaba Cloud VS AWS, hal ini akan menguntungkan Indonesia karena akselerasi pengembangan digital Indonesia yang semakin cepat.

“Kompetisi sangat bagus. Ini bukanlah sebuah ancaman. Seperti yang telah disampaikan, sekarang ini adalah awal perjalanan industri cloud di Indonesia. Jadi, ketika ada kompetisi bisa berjalan bersama-sama dan untuk bisa mengembangkan Indonesia beserta talenta di Indonesia,” jelas Leon.

Untuk upaya pengembangan talenta digital, Alibaba secara bertahap mengadakan Alibaba Academy, berupa program pelatihan cloud dan kecerdasan digital. Inisiatif ini ditujukan buat para mahasiswa, developer, dan juga pengajar di bidang IT.

Alibaba juga mengumumkan program Digital Talent Empowerment yang merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prasetya Mulya. Kerja sama lainnya yang mulai dikerjakan Alibaba adalah dengan BLOCK71 Jakarta untuk pelatihan wirausaha di Indonesia dan meningkatkan keterampilan digital di bagian startup.

Pembangunan infrastruktur teknologi, khususnya data center cloud, di Indonesia masih terbilang sangat dini. Untuk itu, Alibaba Cloud ingin mengambil peran dalam pengembangan baik dari sektor infrastruktur maupun SDM, ungkap Leon

“Saat ini Indonesia masih dalam tahap awal di sektor ini (data center). Kita tidak ingin ketinggalan apalagi kalah serta ingin berpartisipasi dalam program pembangunan ini,” kata Leon.

Alibaba Cloud telah membangun data center di tiga titik wilayah di Indonesia. Kedepannya, Alibaba bakal terus menambah jumlah infrastruktur data center di Indonesia. Hanya saja, hal itu juga bergantung dan melihat bagaimana ekspansi bisnis Alibaba Cloud secara keseluruhan di Indonesia.

Sejauh ini Alibaba Cloud sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra lokal dari beberapa industri di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah perusahaan seluler seperti Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia.

Disamping itu, Alibaba Cloud menjadi satu-satunya penyedia cloud computing global yang telah memiliki pangkalan data di Indonesia dan Malaysia. Ini sangat bagus untuk perkembangan bisnis Alibaba tentunya.

Vice President Alibaba Group dan Head of Strategy and Marketing Alibaba Group, Lancelot Fuo, mengatakan sebagai satu-satunya perusahaan penyedia teknologi awan global yang berasal dari Asia, pihaknya akan terus mendukung jutaan pelaku usaha. Dimana sekarang Alibaba cloud juga menjadi tumbuh dan berkembang menuju perusahaan kedua global yang akan menjadi raksasa ke depannya.
“Kami akan terus memberikan support pada jutaan pelaku usaha melalui penyediaan infrastruktur kelas dunia, perangkat analisis yang canggih, serta ekosistem yang terus berkembang,” ujar Fuo dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis beberapa waktu lalu.

Adapun, Alibaba Cloud kini sedang melakukan proses pengembangan komputasi awan dan pengelolaan data di Asia Pasifik sejak 10 tahun lalu dan berhasil meningkatkan efisiensi biaya serta menurunkan hambatan bagi pelaku usaha di seluruh dunia untuk mengadopsi teknologi.

Selain itu, dalam Festival Belanja Global Alibaba 11.11 beberapa waktu lalu, Alibaba Cloud berhasil membukukan transaksi US$30 miliar lebih dalam satu hari.

Penyedia layanan cloud global, Alibaba Cloud berencana untuk menjadi tulang punggung intelijen digital terdepan di dunia pada tahun 2023. Ini mungkin langkah dan harapan yang besar untuk bisa digapai tapi dengan semangat dan optimis yang besar bisa terwujud.

Jeff Zhang, presiden Alibaba Cloud Intelligence menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya telah mendukung sebanyak lebih dari 30 persen perusahaan dari Fortune 500 selama 2 tahun terakhir.
Melalui pencapaian ini, dia mengklaim bahwa sebagai penyedia layanan ini, pihaknya berencana untuk mempercepat strategi globalisasi, dan bertujuan untuk menjadi tulang punggung intelijen digital terkemuka di dunia dalam tiga tahun mendatang.

“Diklaim penyedia layanan cloud terbesar di kawasan Asia Pasifik, kami akan terus meningkatkan ekspansi investasi dalam tiga tahun ke depan untuk menambah infrastruktur, solusi, dan peran kami dalam ekosistem teknologi yang lebih luas untuk menjadi mitra pilihan terpercaya bukan hanya di Asia Pasifik, tetapi untuk ekonomi digital global pada tahun 2023,” katanya pada acara Alibaba Cloud Summit 2020, Kamis, (2/7/2020).

Dia menyatakan bahwa rencana Alibaba Cloud didukung dengan rencana investasi sebesar US$28 miliar yang pertama kalinya diumumkan pada April lalu untuk memperluas dan meningkatkan infrastruktur dan portofolio produknya.

Nah kita tunggu saja berita menarik dari persaingan perusahaan cloud computing ini ke depannya. Namun yang jelas kita sebagai customernya tentunya mengharapkan yang terbaik dan harga yang murah serta berkualitas.







1 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Subscribe by Email

kopi kesehatan herbal, kopi kesehatan pria
Loading...
pasang iklan murah meriah di blogger >