Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Beternak Ikan

17.47.00 Admin Ganteng 4 Comments

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Beternak Ikan

Ikan merupakan hewan yang memiliki banyak penggemar. Beberapa jenis ikan bahkan menjadi primadona di setiap rumah makan atau tempat makan lainnya. Untuk itu, keberadaan peternakan ikan atau budidaya ikan tentu harus selalu konsisten. Anda dapat menjadi salah satu pembudidaya hewan air tersebut.



Hal tersebut bisa dijadikan profesi atau bisnis. Banyak yang sudah membuktikan penghasilan dari kegiatan tersebut cukup menjanjikan. Akan tetapi sebelumnya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

1. Lahan atau Tempat Beternak

Beternak ikan harus dilakukan ditempat yang tepat dan sesuai. Tidak semua ikan bisa cocok dikembangbiakkan di satu tempat yang sama. Misalnya, untuk ikan lele Anda dapat membuat kolam buatan dengan menggunakan terpal khusus. Lain halnya dengan ikan mujair yang harus Anda tempatkan di kolam biasa.

Tempat tersebut bisa menentukan berapa lama ikan bisa bertahan. Jika kurang tepat, Anda bisa merugi karena ikan tersebut tidak bisa bertahan lama. Sebaiknya, Anda banyak melakukan riset serta banyak bertanya kepada yang sudah berpangalaman di bidangnya mengenai tempat yang baik sesuai jenis ikan.

2. Kondisi Air

Air merupakan faktor utama dalam beternak ikan. Ikan tentunya tidak dapat hidup tanpa adanya air. Jika Anda sudah mendapatkan tempat yang tepat untuk ikan, Anda harus memikirkan mengenai air yang digunakan. Darimana sumbernya, bagaimana kondisi airnya serta kemana air tersebut dibuang.

Pastikan persediaan air selalu cukup dan stabil. Sebab, beberapa jenis ikan tidak dapat bertahan lama didalam air dengan volume yang sedikit. Belum lagi jika kondisi air cenderung keruh, sebagian ikan tidak bisa bertahan lama. Untuk itu, air yang digunakan harus benar-benar diperhatikan.

3. Pemilihan Bibit Unggul

Setelah kondisi air sudah pasti, berikutnya pilih bibit ikan yang unggul. Beternak ikan yang baik tentu harus menggunakan bibit yang unggul. Anda harus membeli bibit ikan dari orang yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Anda perlu berhati-hati dengan banyaknya penawaran bibit yang belum tentu bagus. Apalagi jika yang menawarkan ialah orang yang baru Anda kenal.

Bibit unggul masing-masing ikan memiliki usia, ukuran dan bentuk tertentu. Jika tidak sesuai dengan salah satu dari kriteria tersebut maka sebaiknya jangan dijadikan sebagai bibit. Jadi, sebisa mungkin Anda memastikan bibit yang Anda pilih benar-benar baik dan akan menjadi ikan yang berkembang dengan baik.

4. Pakan Ikan

Berikutnya Anda perlu memperhatikan jenis pakan yang akan digunakan dalam beternak ikan. Ada yang dinamakan pakan apung, pelet dan sejenisnya. Beberapa jenis ikan tidak begitu cocok dengan salah satu atau beberapa jenis pakan. Misalnya Anda bisa memilih pakan pelet untuk jenis ikan mujair. Banyak diantaranya yang menggunakan pelet untuk ternak ikan mujair.

Adapula jenis ikan lain yang bisa diberi pakan apasaja. Mulai dari cacing, keong hingga pakan buatan. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan sang peternak. Jika ingin lebih bagus lagi, maka sang peternak akan memberikan pakan yang lebih unggul dengan kualitas yang terbaik. Selain itu, modal sang peternak juga dapat mempengaruhi kemampuan daya beli pakan ikan.

Itulah sekilas informasi mengenai hal yang perlu diperhatikan saat beternak ikan. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai faktor terpenting dalam membudidayakan ikan. Jika salah satunya terlewat, maka Anda harus siap menerima konsekuensi berupa kerugian.

Sebab, hal-hal tersebut tidak bisa dilewatkan salah satunya. Jadi, Anda harus mengusahakan yang terbaik agar peternakan ikan Anda berhasil dan menguntungkan. Untuk mendapatkan info tentang ikan dan dunia hewan silahkan berkunjung kesini yah sahabat=> https://suduthewan.com/.

4 komentar:

  1. terima kasih tipsnya. Dulu sudah pernah mencoba beternak ikan, tp kalah ama pekerjaan utama sehingga tidak fokus

    BalasHapus
  2. Coba fokuskan lagi gan, biar nambah2 pemasukan. Heheh
    Terimakasih sudah mampir

    BalasHapus
  3. Katanya bisnis ikan lele menguntungkan ya? Mau coba kok gak ada modal,

    BalasHapus
  4. ah bisa aja Mbak roosmawati yang sudah memiliki bisnis catering ....
    terima kasih sudah mampir kesini mbak. Sy udah mampir dan jangan lupa follow blog ini yah

    BalasHapus

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Subscribe by Email

kopi kesehatan herbal, kopi kesehatan pria
Loading...
pasang iklan murah meriah di blogger >