3 Tips Jitu Sebelum Jualan Online

12.21.00 Bang Eka 0 Comments


Jualan online bisa mendatangkan rejeki yang tidak sedikit. Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, jaringan internet pun sudah menyebar ke daerah-daerah. Sudah bukan hal yang baru lagi ketika para petani pun tidak lupa update status ketika sedang pergi ke sawah. 

Maraknya jaringan internet memiliki sisi positif dan sisi negatif. Jadi, Anda pun harus bijak dalam menggunakannya. Dengan adanya internet, berbagai peluang bisnis online bisa Anda lakukan untuk meraup rupiah. 

Namun, memulai usaha, baik itu usaha online maupun usaha offline tidaklah mudah. Anda perlu belajar terlebih dahulu tentang tips-tips bisnis online agar usaha Anda membuahkan hasil. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online.

1. Memantapkan Niat untuk Mulai Bisnis Online

Segala sesuatu itu dimulai dari niat. Kalau Anda memiliki niat yang kuat untuk memulai bisnis internet, maka kemungkinan Anda bisa mencapai tujuan pun lebih besar daripada yang tidak bersungguh-sungguh. Bisnis online biasanya dilakukan selama 24 jam, walaupun tidak terikat, tetapi cukup menyita waktu jika Anda tidak baik dalam manajemen waktu. Setelah memiliki niat yang kuat, Anda pun perlu menyiapkan beberapa hal sebagai fondasi untuk membangun usaha, seperti:

Modal

Yang namanya usaha pasti butuh modal. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan tergantung dari jenis bisnis yang akan dijalani. Misalnya, Anda ingin membuka bisnis online barang elektronik, maka modal yang Anda butuhkan pun tentu lebih besar daripada usaha jualan sandal. Modal ini bisa Anda dapatkan dari tabungan yang memang sudah Anda persiapkan untuk memulai bisnis. Anda juga bisa mendapatkan modal dengan meminjam bank ataupun cara lainnya.

Produk yang akan ditawarkan

Menjual barang bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau barang tersebut mahal dan jarang dibutuhkan. Oleh karena itu, lakukanlan survei terlebih dahulu agar produk yang Anda jual laku di pasaran.

Sasaran konsumen

Untuk memulai jualan online, Anda perlu menetapkan sasaran konsumen dari produk jualan Anda. Sasaran konsumen tersebut bisa kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Dengan demikian, harga produk Anda pun bisa menyesuaikan dengan sasaran konsumen tersebut.

2. Toko Online

Namanya juga jualan online, maka Anda pun membutuhkan toko online sebagai sarana untuk menawarkan produk Anda kepada calon pembeli. Toko online dapat berupa website, akun instagram, akun facebook, ataupun akun media sosial lainnya. Pastikan bahasa yang Anda gunakan untuk mempersuasi pembeli singkat, jelas, dan mudah dipahami. 

Berikan juga contoh produk dengan memasang gambarnya. Usahakan gambar produk yang Anda pajang seperti barang aslinya sehingga pembeli tidak akan merasa tertipu ketika membeli barang dagangan Anda. 

Tidak sedikit kasus yang terjadi tentang kekecewaan pembeli karena kualitas barang yang dipajang di toko online tidak sesuai dengan harapan ketika sudah sampai di tangan pembeli.

3. Belajar dari Sang Ahli

Sudah banyak orang yang sukses melakukan bisnis online. Tidak sedikit dari mereka pun yang suka berbagi tips tentang jualan online. Sebaiknya Anda sering-sering belajar pada orang yang sudah berhasil melaksanakan bisnis online. 

Orang yang sudah berhasil tentu memiliki banyak pengalaman, baik itu pengalaman manis atau pahit sehingga Anda pun bisa mengambil pelajaran dari mereka. 

Belajar dari yang sudah ahli juga bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda menjalankan bisnis online di kemudian hari. Saat ini sudah banyak mentor bisnis online yang melakukan workshop. Jadi, Anda bisa ikut menimba ilmu belajar bisnis melalui acara workshop tersebut.


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html