Cara Membangun Bisnis Internet Bagi Pemula

11.45.00 Bang Eka 0 Comments

Cara Membangun Bisnis Internet Bagi Pemula


Sekarang ini hampir semua orang sudah mengerti bagaimana caranya menggunakan internet. Internet bisa menjadi lahan bagus bagi kita membangun bisnis pribadi. Bisnis internet tidak memerlukan modal besar seperti halnya membangun bisnis di dunia nyata. 

Selain itu enaknya bisnis internet adalah kita bisa mengerjakannya di rumah. Tapi hati-hati, janganlah Anda menganggap bisnis internet adalah hal yang mudah. Semua bisnis baik itu bisnis internet maupun bisnis di dunia nyata pasti memerlukan kerja keras, kesabaran dan akan menemui kendala di masa depan. 

Oleh karena itu Anda tetap perlu membuat rencana bisnis serta strategi marketing agar bisnis internet bisa berjalan dengan sukses. 

Berikut langkah-langkah sederhana bagi Anda yang sedang belajar bisnis internet. 

Rencanakan bisnis internet Anda dengan matang

Mulailah perencanaan Anda dengan menentukan produk atau jasa apa yang bisa Anda tawarkan di bisnis internet Anda ini. Kaji apa keahlian Anda, passion Anda, pengalaman Anda, dan modal yang ada. Kaji juga seberapa banyak waktu yang bisa Anda luangkan untuk bisnis Anda ini. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki keahlian sebagai seorang desainer grafis, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website. Jika Anda memiliki pengalaman sebagai seorang trader, Anda bisa menawarkan jasa konsultan. 

Jasa konsultan kemungkinan besar akan menuntut lebih banyak waktu dibandingkan jasa pembuatan website atau jualan online. Jangan sampai Anda gagal dalam berbisnis internet karena Anda keteteran membagi waktu. 

Lakukan riset pasar

Setelah Anda menentukan produk utama bisnis internet Anda, sekarang waktunya Anda melakukan riset pasar. Riset pasar ini sangat penting dan harus dilakukan. Banyak orang yang gagal dalam berbisnis online karena mereka tidak melakukan riset terlebih dahulu. 

Yang perlu dicari tahu dalam riset adalah apakah ada permintaan pasar terhadap produk atau jasa yang akan Anda tawarkan tersebut, seberapa banyak permintaanya, seberapa banyak saingan Anda, dan siapa saingan terbesar Anda 

Melalui riset pasar Anda bisa mengetahui siapa target utama Anda, apakah peluang usaha online Anda besar atau tidak, dan apa sebetulnya yang dibutuhkan pasar. 

Dengan begitu, Anda bisa segera mencari cara bagaimana meningkatkan peluang usaha, serta bagaimana mengalahkan saingan Anda dan menarik minat pembeli atau klien. 

Tentukan platform bisnis

Seperti halnya bisnis offline yang membutuhkan lahan usaha, bisnis online pun membutuhkan platform untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Sangat disarankan memiliki website pribadi dimana Anda bisa mengatur sendiri konten-konten apa saja yang ingin Anda pasang di website. 

Tapi tentu saja memiliki website bisnis pribadi membutuhkan modal untuk biaya pembuatan website (jika Anda membutuhkan jasa web desainer), biaya beli domain, biaya sewa hosting, dan biaya untuk membeli software e-commerce (jika fokus utama Anda adalah penjualan produk secara online). 

Bagi Anda yang baru belajar bisnis, jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan pasar online dimana Anda bisa mempromosikan produk Anda secara gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Prelo, dsb. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. 

Buat rencana marketing bisnis

Tentukan apa rencana Anda untuk memasuki pasar, apa content marketing yang akan Anda pasang untuk mempromosikan produk atau jasa Anda, bagaimana rencana Anda untuk berkomunikasi dengan calon klien atau pembeli, dan bagaimana cara Anda menyebarkan informasi agar orang-orang tahu mengenai bisnis internet Anda. 

Buatlah konten yang informatif, persuasif, dan jujur. Manfaatkan media sosial dan search engine optimization (SEO) sebagai bagian dari internet marketing agar website Anda masuk ke dalam halaman pertama di mesin pencari internet. 


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html