Internet Marketing Sebagai Sumber Penghasilan dan Sarana Promosi

08.44.00 Bang Eka 0 Comments

 

Internet marketing tentu sudah bukan hal yang asing lagi di telinga Anda. Sebenarnya apakah internet marketing itu? Internet marketing merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk baik itu berupa barang atau jasa dengan memanfaatkan koneksi internet. Pemasaran tidak hanya sekedar menjual produk, tetapi juga bagaimana cara mempromosikan, menjadikan produk tersebut memiliki nama di pasaran, dan tentunya membina relasi yang baik dengan para pelanggan. Internet marketing bisa menjadi sumber penghasilan dan sarana promosi.

Sumber Penghasilan

Di era digital seperti sekarang ini, internet bisa menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan penghasilan. Hampir setiap orang sudah memiliki smartphone, laptop, atau tablet. Bahkan penggembala ternak pun tidak lupa membawa smartphonenya untuk update status saat menggembalakan binatang ternaknya. Hal ini dikarenakan kemudahan teknologi yang difasilitasi dengan adanya koneksi internet. Anda bisa mengakses internet tidak hanya sekedar untuk hiburan, namun bisa juga untuk menebalkan kantong Anda. Beberapa internet marketing yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Pay Per Click (PPC)

Hal ini sering dilakukan oleh para blogger atau pemilik website. Semakin banyak orang yang mengklik iklan di blog/website Anda, maka saldo Anda pun meningkat. Jika Anda berminat mendapatkan penghasilan dengan PPC, sebaiknya buatlah blog/website yang memiliki konten favorit. Perhatikan konten yang sedang marak dicari oleh orang atau yang lagi ngehits sehingga jumlah orang yang mengunjungi blog/website Anda pun semakin banyak.

Pay Per Sale (PPS)

Anda akan mendapatkan penghasilan jika ada produk yang terjual dari link yang berafiliasi dengan link milik Anda. Besar kecilnya penghasilan biasanya ditentukan oleh jumlah barang yang laku. Jumlah komisi yang Anda terima pun berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang berafiliasi dengan link Anda.

Jual Produk

Salah satu cara belajar bisnis adalah dengan menjual produk. Produk tersebut bisa produk milik Anda sendiri ataupun produk milik orang lain. Melalui internet, Anda dapat memasarkan produk tersebut sehingga bisa mengundang para pembeli untuk membeli produk yang Anda jual. Menjual produk sendiri tentu memberikan keuntungan yang lebih daripada menjualkan produk milik orang lain. Namun, kedua metode tersebut sama-sama dapat menjadi sumber penghasilan bagi Anda.

Lelang Barang

Saat ini, lelang barang bisa dilakukan secara online. Caranya pun cukup mudah yaitu barang lelang akan jatuh ke tangan penawar tertinggi. Untuk melakukan lelang online diperlukan koneksi internet yang kuat karena para calon pelelang saling berebut. Dari hasil pelelangan ini, Anda pun bisa mendapatkan tambahan uang.

Promosi Online

Selain sebagai sumber pendapatan, internet marketing juga bisa digunakan sebagai media promosi. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penjualan bukan hanya menjual saja, tetapi juga perlu promosi. Promosi ini sering dilakukan melalui email marketing dan social media marketing. 

Email marketing

Metode ini menggunakan email sebagai sarana promosi online. Email marketing ini bisa berupa retention email, direct email, maupun iklan di email miliki orang lain. Marketing biasanya akan mengirimkan email tentang produk kepada pemilik akun. Namun, Anda perlu berhati-hati jika melakukan email marketing karena kalau frekuensi pengiriman terlalu sering bisa jadi terdeteksi menjadi spam.

Social media marketing

Sosial media menjadi sarana yang cukup ampuh dalam melakukan jualan online. Ada banyak akun media sosial gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis internet Anda. Pilihlah akun media sosial yang paling banyak digunakan di wilayah Anda sehingga promosi pun bisa berjalan efektif.


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html