Strategi Membuat Content Marketing yang Menarik

08.06.00 Bang Eka 0 Comments

 


Content marketing menjadi salah satu hal penting sebagai kunci sukses usaha online. Content marketing sendiri merupakan strategi pemasaran yang dipusatkan pada konten yang menarik sehingga pesan yang disampaikan dapat dinikmati oleh orang dan menjadikan mereka berpotensi sebagai pelanggan. Content marketing yang sering digunakan antara lain:

Sosial Media

Sarana marketing yang sering digunakan sebagai media promosi adalah sosial medial. Seorang marketing yang handal bisa menggiring orang untuk membaca postingan di akun sosmed yang sebenarnya mengarah pada promosi suatu produk. Apabila konten tersebut dikemas dengan bagus, maka Anda pun bisa mendapatkan pelanggan.

Video

Tidak semua orang suka dengan tampilan visual saja, tetapi juga audio visual seperti video. Selain menyediakan sarana posting tulisan, beberapa sosial media pun dilengkapi dengan fasilitas video. Anda bisa membuat video yang unik dan menarik sehingga bisa membuat penontonnya merasa takjub dengan konten dari video tersebut. 

Agar jualan online Anda sukses, maka ada beberapa strategi yang perlu Anda ketahui agar produk Anda bisa menarik perhatian bagi para calon pembeli.

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengawali content marketing adalah menentukan tujuan. Tentukan tujuan konten Anda, baik itu tujuan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Bila tujuan jangka panjang Anda adalah untuk branding produk berarti Anda pun harus cerdas dalam membuat konten agar audiens merasa tersihir dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda. Anda bisa dikatakan berhasil jika audiens tersebut menjadi salah satu subscriber situs milik Anda. Untuk jangka pendek, Anda perlu membuat konten yang SEO sehingga ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci produk, maka produk Andalah yang akan muncul di jajaran awal halaman google.

2. Pahami Industri yang Anda Geluti

Sebaiknya Anda tidak hanya tahu, tetapi juga paham tentang seluk beluk industri yang Anda geluti. Hal ini bisa menjadi salah satu sumber inspirasi bagi Anda dalam membuat konten yang cukup relevan sehingga membantu proses promosi Anda dengan baik. 

3. Kenali Pelanggan

Setiap orang memiliki karakter masing-masing, begitu juga dengan pelanggan Anda. Lakukanlah survei pelanggan sehingga Anda bisa mengkategorikan pelanggan Anda ini termasuk dalam kelompok mana. Misalnya produk Anda adalah pembalut, tentu pelanggan Anda adalah remaja sampai ibu-ibu yang masih dalam usia produktif. Konten marketing yang Anda buat untuk remaja dan ibu-ibu tentu berbeda. Anda perlu mengkorelasikan kehidupan remaja dengan konten iklan pembalut. Remaja biasanya aktif dan banyak gerak sehingga Anda bisa membuat konten yang menekankan bahwa produk pembalut Anda tersebut aman dan nyaman digunakan untuk melakukan aktivitas apapun tanpa takut bocor.

4. Trending Topik

Usaha online memerlukan promosi yang gencar dan efektif, salah satunya dengan memperhatikan trending topik yang sedang ramai dibicarakan. Trending topik ini bisa dilihat dari media sosial seperti facebook ataupun twitter. Jika konten yang Anda buat relevan dengan trending topik, maka produk yang Anda tawarkan pun cepat menjadi viral di kalangan netizen sehingga menjadi peluang besar bagi Anda untuk menggaet pelanggan.

5. Ide Unik

Belajar bisnis internet memang gampang-gampang susah termasuk dalam menentukan content marketing. Pastikan bahwa konten yang Anda buat itu unik dan bisa menjadi ciri khas produk Anda. Jika konten yang Anda rancang hanya standar dengan konten-konten marketing yang sudah beredar di pasaran, tentu hal tersebut kurang bisa menarik perhatian para pelanggan.


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...
pasang iklan murah meriah di blogger >
http://profitecover.com/catering/
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html