9 Tahap Membuka Bisnis Dari Rumah

04.39.00 Bang Eka 0 Comments

Tahap Membuka Bisnis Dari Rumah

Kali ini saya ingin membahas kembali tentang berbisnis dari rumah. Mungkin masih ada yang kebingungan bagaimana caranya. Cara ini bisa Anda praktekan, karena mudah dan murah. Saya membaginya menjadi 9 Tahap Berbisnis Dari Rumah.

Yaitu sebagai berikut:

TAHAP 1: JANGAN DIBUAT RIBET
TAHAP 2: PERSIAPKAN IDE BISNIS
TAHAP 3: LATIH SKILL INI
TAHAP 4: PERSIAPKAN PRODUKNYA
TAHAP 5: PERSIAPKAN AMUNISI PENDUKUNG
TAHAP 6: MAU DIJUAL LEWAT APA
TAHAP 7: CARA PROMOSINYA
TAHAP 8: SET TARGET
TAHAP 9: TENTUKAN KAPAN DIBUKA


Mari kita bahas satu persatu. Biar makin seruuu...
Poin penting yang harus dipegang adalah : JANGAN DIBUAT RIBET. Untuk mulai bisnis itu polanya sederhana kok. Tentukan kapan buka bisnis, sederhanakan dan jangan nunggu sempurna.


TAHAP 1: JANGAN DIBUAT RIBET


Tahap pertama, bulatkan tekad, kuatkan mental dan pegang prinsip ini. Ketika mulai bisnis harus mulai dari yang sederhana, mulai yang mudah dan mulai dari sekarang. Buat pemula, supaya tidak sulit saat memulai bisnis, harus punya pemahaman ini.
  
Sempurnakan sambil jalan. Inget, jangan dibuat ribet. Intinya harus segera dibuka bisnisnya biar ga kelamaan Cuma jadi seonggok kertas ide bisnis.

Ide bisnis itu banyak, ada produk barang ada jasa, ada bisnis offline ada online.
Idenya banyak, teman-teman bisa cek di materi email saya berikan jika Anda sudah mensubscribenya.


TAHAP 2: PERSIAPKAN IDE BISNIS


Tahap berikutnya adalah mulai persiapkan ide bisnis kita. Mau itu jualan online atau offline tidak masalah, Intinya mulai dulu, nanti pasti akan mulai kerasa kok mana yang lebih potensial.

Tentukan satu ide bisnis dulu, jangan langsung kebanyakan. Saat baru merintis, disarankan untuk fokus dulu sama satu bisnis. Ingin memulai secara online silahkan lihat ini www.bisniseka.com/rahasiabisnisinternet


TAHAP 3: LATIH SKILL INI


Saat berencana buka bisnis, Anda harus mulai mempersiapkan satu skill penting. Skill ini adalah skill paling dasar dan wajib dimiliki oleh pebisnis yang sedang merintis bisnis. Skill ini adalah skill jualan.

Kalau mau bisnisnya laris, Anda harus perlengkapi skill dengan skill jualan. Skill ini penting, karena mau bisnis apapun, ujungnya harus jualan kok. Ada banyak skill jualan yang wajib dimiliki, tapi at least perkuat skill ini.

Bingung mau ikut seminar apa, mau ikut training apa.

Jika Anda kebingungan skill bagaimana yang harus Anda mulai bisa Anda memulainya dengan panduan ini Marketing Expert Guide
http://profitecover.com/marketing-expert-guide/


TAHAP 4: PERSIAPKAN PRODUKNYA


Setelah ide bisnisnya Anda tentukan Langkah berikutnya adalah mulai tentukan produknya. Mau jualan produk sendiri atau produk orang lain. Produk harus punya kelebihan misal lebih bagus, lebih murah, lebih menarik dan lain sebagainya. Tentukan Harganya berapa, pastikan ada profit at least 40% utk jasa, atau 15% utk barang.

Tentukan merek.

Jika punya produk sendiri Anda bisa tentukan merek untuk produk. Jika pakai produk orang lain, merek yang Anda buat bisa untuk toko atau toko online Anda.

Cara simpel cara membuat merek, gunakan kata simpel, mudah diingat dan pastikan belum ada merek ini sebelumnya. Intinya jangan dibuat ribet, jangan kelamaan disini, nanti bisa dikembangkan kok.

TAHAP 5: PERSIAPKAN AMUNISI PENDUKUNG


Persiapkan hal-hal kecil tapi penting. Contohnya no kontak WA, HP yang bisa dihubungi atau kalau ada yang beli bisa kontak kemana.

Catatannya: Anda harus punya no kontak yang berbeda dengan kontak pribadi Anda. Ini kontak bisnis dan jualan jadi harus di fokuskan.

Lalu persiapkan no rek yang berbeda.

Ingat! pisahkan rek pribadi dan bisnis agar keuangan tidak tercampur dan ujungnya malah jadi kacau. Kalau sudah besar, persiapkan tim admin dan tim yang bantu packing. Tujuannya adalah agar tidak semua di handle oleh Anda.

TAHAP 6: MAU DIJUAL LEWAT APA


Tentukan saluran channel jualannya.

Mau dijual via apa?                       

Misal buka toko sendiri (bisa mulai dari rumah), syaratnya lokasinya harus strategis. Bisa juga dengan via channel online. Bisa dari media sosial, toko online, marketplace. Bisa dengan konsinyasi, cara ini dengan menitip barang kita ke toko orang lain.

Padukan juga dengan membangun tim reseller, sehingga penjualan Anda bisa terus menerus meningkat karena dibantu dengan pasukan penjualan.

Mana yang lebih bagus?

Tergantung produk dan industrinya. Yang paling simpel, test dulu dalam sebulan pertama, mana yang paling menghasilkan.


TAHAP 7: CARA PROMOSINYA


Kalau mau ide bisnisnya menghasilkan, Anda perlu mempersiapkan promonya dengan baik. Kuncinya di persiapan. Tapi inget, yang simpel dulu gapapa, sambil bisa disempurnakan.

Perbesar kolam prospek kalau mau jualan online. Bisa mulai dengan Pre Order. Buat penawaran yang menarik. Penawaran ini intinya adalah saat kita jualan, kira-kira penawaran apa yang akan kita berikan agar pembeli tertarik.

Misal bonus, potongan harga khusus, free ongkir untuk pembeli awal.

Jangan lupa, terapkan teknik copywriting dalam membuat promosinya. Tujuannya agar banyak orang yang melirik, tertarik dan akhirnya closing produk kita.

Sebar promo yang Anda buat di media channel yang sudah disiapkan. Intinya buat banyak orang tahu tentang produk Anda. Bisa melalui brosur, online, medsos, bantu disebar dari reseller dan lainnya.


TAHAP 8: SET TARGET


Membangun bisnis dari rumah tetap target yang jelas.Target ini ga Cuma target jualan, Anda harus punya target kerja, target working list.

Misal:
Target kapan produk baru di launch
Target closing per hari berapa
Target omzet per bulan berapa
Target rekrut reseller berapa
Target terjual berapa pcs
Target untung berapa
Target memperbesar kolam prospek berapa
Target kapan akan buat promo baru



TAHAP 9: KAPAN DIBUKA


Langkah penting ke 9 adalah giliran Anda tentukan tekad kuat untuk set kapan buka bisnisnya. Tahap ini penting untuk dilakukan agar ide kita ga Cuma mentok Cuma sebatas ide bisnis.                       
Cara praktisnya adalah seperti ini.

Mulai coba buat postingan di akun Anda atau di grup WA teman-teman Anda...

Infokan saja bahwa Anda akan mulai bisnis ini. Kuncinya ada di SET WAKTU kapan dibuka bisnisnya. Ada di SET WAKTU kapan konsumen bisa mulai beli produk Anda.

Dari sini pasti akan ada feedback dan response.

Meski belum lengkap semua persiapannya, tetapi Anda harus tetap buat set waktunya.
Contoh: coming soon dibuka 30 hari lagi.

Dari sini, dijamin kita jadi ikut semangat dan ga akan nunda lagi.

Kebayangkan?

Tentukan, wujudkan, mulailah berjualan.

Wujudkan dengan niat, tekad dan tindakan nyata.

Jangan sampai keduluan orang lain...

ingin menjadi seorang pebisnis dari rumah

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html