iklan baris, pasang iklan gratis

tanah kavling murah, info harga rumah, daftar rumah murah, rumah jual beli, nyicil rumah murah, info rumah dijual murah, harga rumah bekas,jual rumah dijual, website properti indonesia, dp perumahan murah

Apa Itu Blog? Kenali Manfaat dan Niche nya

03.14.00 Bang Eka 0 Comments

cara jadi blogger sukses, cara jadi blogger dari Nol dan berpenghasilan, blogger lampung.com, jejak tapak, safelink blogger, blogger lampung, cara membuat blog pribadi, blogger blogs, blogger.com, cara membuat blogspot, cara bikin blogger, blogger perempuan, adsense login, food blogger indonesia,  penghasilan blogger, cara menjadi blogger, login blogger, free blogger template, cara jadi blogger, food blogger, google adsense

Apa Itu Blog?

Pertama sekali yang harus dipahami untuk Anda yang siap memasuki dunia blogging. Yaitu pengertian blog itu sendiri. Kita harus pahami dahulu apa itu blog dan berasal dari mana sih blog itu? Oke kita bahas di artikel ini.

Untuk melihat tema artikel khusus Blogging saya kupas Disini: Cara Jadi Blogger Dari Nol Sampai Berpenghasilan Di Mulai Disini 

Pada awalnya kata blog dipakai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.


cara jadi blogger sukses, cara jadi blogger dari Nol dan berpenghasilan, blogger lampung.com, jejak tapak, safelink blogger, blogger lampung, cara membuat blog pribadi, blogger blogs, blogger.com, cara membuat blogspot, cara bikin blogger, blogger perempuan, adsense login, food blogger indonesia,  penghasilan blogger, cara menjadi blogger, login blogger, free blogger template, cara jadi blogger, food blogger, google adsense


Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Roger Yim seorang kolumnis San Frasisco Gate, pada Februari 2001, menulis bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet.  

Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, tapi kurang instrospektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.

Setelah mencari berselancar di google, saya mendapatkan banyak informasi tentang apa itu blog sebenarnya. Akhirnya saya singgah ke web Wikipedia disini alamat webnya https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Jadi Blog itu:

1.    Asal kata dari web log
2.    Sebuah postingan secara berkala
3.    Diposting dalam urutan terbalik ( dari isi terbaru dahalu sebelum diikuti isi yang lebih lama)
4.    Memiliki topic tertentu.
Nah sekarang sudah agak paham yah kesimpulan blog itu seperti apa. Pada umumnya penjelasan blog seperti ini yang telah disebutkan oleh Wikipedia diatas tadi.

Adapun istilah Blogging, yaitu proses membuat dan merawat blog itu sendiri.

Blogging ialah Seseorang yang telah menjadi seorang penulis Blog, pengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada.

Artikel pribadi didalam blog disebut sebagai "blog post", "post","entries".

Seseorang yang memasukan tulisan ini disebut "blogger". Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link (link ke web lain atau video, audio dan file lainnya).

Blog menggunakan dokumentasi konversasional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org.

Jika diambil secara garis besarnya seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.


1.1 Apa Kaitannya Dengan Hobi Anda?


Tentu ada dong, bisa diartikan Blogger ialah seorang penulis blog pemula yang ingin mengekspresikan keahliannya ke dalam sebuah artikel/ jurnal yang ada di internet yang kita sebut Blog.

Karena bisa jadi anda ahli disuatu bidang itu tetapi ingin menjadi blogger dengan tema keahlian Anda dan ingin menuangkannya di internet. Namun satu hal yaitu Anda terkendala dengan kegaptekannya dalam membuat blog, bisa jadi ini menjadi sebuah kebermanfaatan anda dan saya juga.
Maka dari itu terus melanjutkan baca jurnal blog ini dan praktekan langsung pada setiap BABnya yah.

Contoh saja jika Anda ahli tentang kedokteran, Anda bisa menuliskan tentang artikel kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan tubuh dan yang lainnya yang bersangkutan tentang kesehatan.

Anda bisa membuat sebuah blog di internet bertema tentang Kesehatan.  Agar para pengunjung internet mengetahui dan mengambil manfaat dari apa yang Anda sampaikan tersebut.

Itu akan menjadi sebuah personal branding bagi Anda sekalian yang sudah memiliki blog. Akan menjadi sebuah keuntungan besar dan kebermanfaatan besar bagi Anda pribadi, karena Anda akan dikenal banyak orang dan Anda akan dikenal dibidang yang Anda tekuni sekarang, dari anda perlahan mulai menulis artikel pertama anda sampai tak terhingga.

Betul?

Karena semakin hari pengguna internet semakin memuncak apalagi dengan adanya smartphone yang juga semakin murahnya handphone kemudian ditambah lagi murahnya beli paket kuota data yang disediakan operator selular baik prabayar maupun pascabayar.

Ini yang menyebabkan seseorang dengan mudahnya mencari informasi di internet, hanya cukup browsing dan googling di smartphone bisa langsung mendapatkan informasinya. Untuk itu kegunaan suatu blog bisa jadi cara ampuh membangun personal branding anda, seperti yang telah saya sebutkan tadi diatas.

Dibawah ini saya sedikit singgung 20 kelebihan memiliki Blog Menurut web Romelteamedia.

1.2 20 Kelebihan Memiliki Blog



Diatas tadi saya jelaskan sedikit kelebihan memiliki blog, saya dapat info 20 manfaat memiliki blog menurut romelteamedia.com, dia menyebutkan bahwa ada 20 kelebihan ketika kita mulai memiliki blog. Banyak sekali manfaatnya buat kita sebagai pemula maka itu sebelum membuat blog lanjutkan baca jurnal ini. Ulasan ini sedikit saya tambahkan agar mudah dipahaminya.

1.    Mendapatkan Pekerjaan Yang Baik dan Layak

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang. Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya.Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu.

Dengan ngeblog, Anda bisa mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog. fotografer, desainer, penulis, pebisnis. dokter dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blog Anda, juga berbagi tips yang menunjukkan keahlian Anda dalam bidang yang sedang Anda tekuni.

Ringkasnya, blog itu menjadi "personal branding" kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

2.    Memulai Sebuah Bisnis Baru

Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business).

Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa medapatkan 100.000 dolar per tahun!

Dahsyat bukan? Hanya ngeblog bisa hasilkan $100.000 pertahun???

3.    Mendapat Lebih Banyak Client Bisnis
Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis dari blog bukanlah hal mustahi. Website statis tidak menarik klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara regular dan berkala akan bisa membuat aliran informasi yang terarah baik dari seluruh dunia.

Ketika Anda mempublikasikan posting blog mendalam yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu.

Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda. Ini akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi anda.

4.    Menjadi penulis yang lebih baik

Blog itu sebenarnya mengasah keterampilan menulis Anda secara perlahan. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog! Saya sendiri sebelumnya bingung bagaimana menulis itu. Yah saya coba saja dengan menulis blog, perlahan satu artikel seminggu sekali, bahkan sebulan sekali, tapi saya usahakan untuk menulis di blog, walaupun sedang duduk di taman bisa menggunakan aplikasi smartphone “Blog It!”.

Lama kelamaan menjadi asyik ngeblog itu, sampai saya usahakan membuat jurnal ini untuk bisa bermanfaat pula bagi anda.

5.    Menjadi Penulis Di Media Masa
Mungkin pada awalnya Anda hanya menulis untuk blog Anda, bisa jadi suatu saat anda ditawari untuk menjadi penulis di media yang pastinya akan mendapatkan honor yang lumayan besar yang bisa menggantikan posisi kerja Anda di kantor sebelumnya. Yaitu dengan menulis artikel opini, berita, dan lainnya. Akan berbeda bukan bekerja sesuai hobi dengan gak sesuai hobi?

6.    Mendapatkan Komentar Yang Cepat

Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan komentar atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik "Publish". Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.

7.    Belajar Lebih Banyak Tentang Minat dan Karakter Orang Lain
Anda akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog Anda, Google Analytic atau Google Trends.


Jadi Anda bisa membahas lebih mendalam lagi tema tersebut yang menjadikan Anda menggali info lainnya tentang tema itu.

8.    Mendapatkan Pengaruh

Apa cara terbaik untuk mendunia?

Anda bisa menjadi politisi, artis, aktivis, atau relawan (volunteer). Jika semuanya tidak bisa Anda lakukan, maka menjadi blogger alternatif terbaiknya!

Untuk jadi politisi Anda kudu punya dana besar, untuk menjadi aktivis pun Anda kudu bisa keluar dari pekerjaan Anda sekarang. Nah untuk Blogger Anda bisa gunakan paruh waktu Anda. Dan Blogger yang sukses akan meraih fans, pengagum, kepercayaan, dan respek dari dunia luar.

9.    Memapankan dan Meningkatkan Keahlian
 

Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian kita akan meningkat di bidang tertentu yang menjadi "niche" blog kita. Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog bertemakan blogging, akan menunjukkan keahlian blogging, demikian pula ngeblog bertemakan jurnalistik, akan menunjukkan kemahiran Anda di bidang itu.

Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, Anda akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.

10.    Membangun Jaringan

Membangun jaringan. Ini pasti. Ngeblog menjamin Anda akan memiliki jaringan --pertemanan dan bisnis.
“The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work,” kata Robert Kiyosaki.

11.    Learn In-Demand Skills

Dengan ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTML, dan CSS yang merupakan "keterampilan bernilai tinggi" (highly valued skills) di masa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.

Lebih banyak akan Anda temui nantinya, menulis sebuah artikel pun Anda bisa akan tahu tentang SEO (bagaimana agar artikel Anda masuk secera cepat kedalam mesin pencari dan dapat di ketahui), membuat gambar yang menarik menggunakan tools yang tersedia di internet, memasarkan dan menyebarkan ke sosmed Anda baik Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dan lainnya.

12.    Mengutak-atik SEO

Sama seperti no. 11, ngeblog akan membuat kita akrab dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni sebuah proses, teknik, trik yang bertujuan menjadikan posting blog atau website cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page).

Kan nambah banyak lagi manfaatnya yang Anda dapatkan...

13.    Mengumpulkan Email

Meskipun sudah ada media sosial, tapi email masih menjadi sarana komunikasi online andalan. Orang biasa mengecek email secara reguler. Ngeblog membuka jalan untuk "koleksi email" dari komentar ataupun dari pengunjung yang langsung kirim email ke Anda. (Maka, jangan lupa membuat halaman "about me" atau "hubungi saya" di navigasi menu blog Anda).

Saya pernah sampai 100 lebih mendapatkan email dan menghasilkan 1juta hanya bermodalkan email, sedangkan saya sedang ada kerjaan lainnya. Enak bukan...

14.    Pengetahuan Anda Akan Terbarui

Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus terbarui. Saat menulis posting, Anda akan Googling dulu untuk mencari data atau "ngintip" tulisan blogger lain tentang tema yang Anda angkat nantinya. So gak bakal kudet yah alias kurang update. hehehe. .

15.    Jualan


Blog bisa menjadi sarana pemasaran online. Anda bisa menjual produk. Benar, di Facebook pun bisa, tapi ingat.... mayoritas Facebooker tidak suka iklan! Ada banyak para pebisnis online memasarkan produknya via blog, bahkan website statis pun harus memiliki blog agar dibaca pelanggannya.
Saya pernah liat seorang blogger yang membahas tentang CSS dan HTML kemudian dia mulai menjual buku nya dengan teknik Self Publishing... Hebat bukan? Anda juga bisa gan. . .

16.    Talk to Your Idols

Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda. Idola Anda punya blog? Silahkan sering-sering kasih komentar di kolom komentarnya, nanti juga dia akan membalas jika memang itu penting.

17.    Ekspresi Diri


Menulis blog itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri, bahkan sekadar menunjukkan video atau gambar favorit Anda.

18.    Membantu Orang Lain
Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca. Anda bisa berbagi soal makanan yang enak, tips mengurus burung kenari, dan sebagainya. Dengan ngeblog, Anda sedekah ilmu dan menginspirasi orang banyak. Jadi selainn dapat penghasilan juga dapat pahala karena sedekah ilmu.

19.    Membangun Kepercayaan Online

Blog bisa membangun kepercayaan online. You can’t buy trust!
Anda tidak bisa membeli kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca. Poin ini terkait dengan poin  #9.

20.    Memperkenalkan Biodata Online Anda
Blog itu menjadi "biodata online" atau "profile online" Anda. Anda akan dikenal dan diketahui. Orang akan mudah mengetahui siapa Anda lewat blog yang Anda miliki.

Nah masih belum mau atau ragu memiliki BLOG?

Kalau anda tidak mau memiliki blog mungkin artikel ini tidak akan Anda baca anda. Hehehehe…

Sebagai seorang ahli disuatu bidang bagi saya harus memiliki blog, karena blog itu sendiri berguna untuk orang mengetahui siapa kita. Maka itu Milikilah Blog dan lanjutkan membacanya sampai tuntas…

1.3 Niche Blog


Jika Anda pertama kali mendengar istilah ini sama seperti saya dahulu menyelami dunia blogging pertama kali, para pakar internet marketer selalu menyebutkan istilah “Niche”  ini.

Pasti akan bertanya-tanya apa itu Niche? 

Untuk apa itu Niche?
Untuk lebih mempermudah pengertian niche itu sendiri saya akan artikan secara umum saja menurut pencarian saya selama di dunia internet marketing.

Niche itu kalau di artikan secara mudah yaitu topik. 
Tema atau pembahasan yang akan Anda tampilkan pada blog yang akan Anda rawat.
Blog yang memiliki topik terperinci akan membambah kepercayaan pengunjung dan meningkatkan personal branding yang akan Anda bangun sebelumnya. Jadi, niche itu bagaikan niat Anda dari awal membangun blog itu untuk apa, harus bagaimana merawatnya, dan menjadi apa nantinya blog Anda itu. Jadi, berhati-hatilah memilih niche blog yah.

Jangan sampai blog Anda disebut blog gado-gado. Anda tahu kan gado-gado itu apa, yah gado-gado yang makanan berasal dari Surabaya, makanan berisi sayuran yang direbus kemudian dijadikan satu.

Sumber: resepumi.com
 Lho kok jadi bahas makanan, saya jadi laper kan..

Nah begitupun blog, Anda akan lebih terlihat professional ketika blog Anda hanya membahas 1 topik atau niche yang menjadi pembahasan di blog Anda. Dibandingkan Anda memiliki blog dengan berbagai niche atau disebut blog gado-gado itu.

Ngomongin blog gado-gado, blog ini juga blog gado-gado hehehe, tenang ada blog saya yang lain yang membahas 1 tema aja.

Menurut buku Easy Blogging karya Elizhabet Elzha dan Lusiana Trisnasari, ada beberapa keuntungan jika Anda seorang blogger yang memiliki niche yaitu:

1.    Membantu blogger mengupas topik secara maksimal dan mendalam.
2.    Kita tidak perlu mencari-cari topik untuk membuat artikel baru. Keuntungan lainnya, mesin pencari akan memberikan posisi yang bagus pada pencarian mereka.
3.    Blog kita akan menjadi rujukan, otoritas dan mudah dikenali.
4.    Mudah melakukan optimasi SEO dengan membidik kata kunci tertentu.
5.    Niche membantu menciptakan portofolio kompetisi. Blog dengan topic khusus akan menunjukan kompetisi di bidang keahliannya. Contoh blog food, akan menunjukkan sang blogger memang ahli di bidang itu. Dengan begitu citra diri atau personal branding pun tercipta. Anda akan dikenal sebagai sosok yang ahli/expert/konsen terhadap satu topic.
6.    Niche membatu untuk membangun komunitas. Ketika blog Anda telah memiliki pembaca setia maka dipastikan visitor tersebut akan rajin mengunjungi blog Anda, memantau postingan terbaru Anda, dan secara otomatis akan tercipta komunitas bagi Anda sendiri.

Seperti itu untuk penjelasan niche itu sendiri, kita bisa simpulkan niche adalah topic dalam suatu blog dengan hanya membahas satu tema itu sendiri dalam setiap artikel-artikel yang dibahasnya secara mendalam dan terperinci.

Lanjut ke BAB selanjutnya yaitu Beda Blogger Dengan Youtuber?

Bersambung dulu, nanti saya akan update kembali, masih draft dan masih di MS.Word harap bersabar yah. . .

Jangan lupa share ke medsos Anda agar bisa di bookmark biar bisa dibaca lagi di lain waktu. Subscribe dan dapatkan ebook gratis yang akan saya kirim langsung ke inbox email Anda.

Dapatkan Ebook PREMIUM GRATIS
*Tekan Enter & Cek email yah, infonya dikirim via email
Daftar Pustaka
Elzha, Elizhabet & Trisnasari, Lusiana. Easy Blogging. Yogyakarta. CV. Solusi Distribusi.
Mulyanto, Purnama, Assep. 2008. Go! Blog. Bandung: OASE Media.


Loading...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Subscribe by Email

Loading...
pasang iklan murah meriah di blogger