Jurnal Keramik - Apa Itu Feldspar?

16.21.00 Bang Eka 0 Comments

Selama bekerja menjadi R&D material disalah satu parbrik, saya akan membagikan beberapa pengetahuan tentang keramik. Yang akan saya beri tema atau label Jurnal Keramik. Sudah hampir 5 tahun berkecimpung di dunia keramik, bahan-bahan materialnya dan mendevelop bahan tersebut agar menjadi keramik yang berkualitas, dari mengurangi reject forming, reject keramiknya agar perusahaan tidak rugi. 

Awal mula kita akan bahas mengenai Feldspar. Bisa aja sih kita mulai bahan lainnya dahulu, supaya mudah kita awali dengan bahan Feldspar aja dulu ya...

Menurut Wikipedia, Felspar (KAlSi3O8 – NaAlSi3O8 – CaAl2Si2O8) adalah kelompok mineral tektosilikat pembentuk batuan yang membentuk 41% kerak Bumi. Felspar mengkristal dari magma pada batuan beku intrusif dan ekstrusif dalam bentuk urat, dan juga terdapat dalam berbagai jenis batuan metamorf. Batuan yang hampir seluruhnya terbentuk dari felspar plagioklas kalsium dikenal sebagai anortosit. Felspar juga ditemukan di berbagai jenis batuan sedimen. 


Kalau Feldspar yang sering saya dapatkan untuk bahan develop ialah feldspar yang sudah diolah sampai halus dengan kadar kehalusan mesh #200 yaitu 0.1 % namun untuk bahan glasiran yaitu mesh #325 yang lebih halus lagi.

Feldpsar akan menjadi keramik jika dicampurkan dengan bahan lainnya, yaitu bahan silica, alumina, kaolin, clay dan lainnya. 

Kandungan untuk bahan body keramik rata-rata 20% s/d 30 %, namun untuk bahan glazir yaitu 10 % sampai dengan 50% an, tergantung kebutuhannya. Apakah untuk keramik Porcelain, Stoneware, bonechina, fine china, earthenware, raku dan lainnya..


Penampakan hasil bakar disuhu 1250 - 1300 an seperti gambar diatas...


Terimakasih sudah berkunjung 


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Loading...

pasang iklan murah meriah di blogger

pasang iklan murah meriah di blogger
http://www.ekagoblog.com/p/sitemaps.html