blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

8 Faktor Penyebab Ketekunan

23.05.00 eka julianto arif 0 Comments


Ketekunan ialah salah satu kunci kesuksesan, ketekunan juga penentu seseorang sukses atau tidak, rata-rata setiap orang sukses pasti mereka tekun mengerjakan sesuatu hal tersebut sehingga mereka bisa ahli dalam bidangnya.

5% yang dimiliki manusia hanyalah bakat yang terpendam di dalam diri, sisanya adalah factor ketekunan dan pembelajaran. Setiap pembelajaran pastinya butuh ketekunan. Ketika kita tekun mempelajarinya dan mengamalkannya maka kita akan sukses.
Ketekunan juga termasuk ke dalam keadaan fikiran anda, dan ketekunan juga bisa kita kembangkan. Ketekunan akan tumbuh dengan beberapa factor yang pasti, antara lain:

1.       Kepastian Tujuan
Ketika kita mengetahui apa tujuan yang kita inginkan, kita pasti akan tekun menjalaninya meskipun rintangan menghadang. Motif yang kuat memaksa seseorang untuk tekun dalam mengatasi problem yang ada. Maka dari itu perjelas dalam menuliskan tujuan andadan harus pasti dalam mewujudkannya. Jadilah tekun itu akan terus bersemayam di dalam diri anda.

2.       Keinginan
Dengan memiliki hasrat keinginan yang besar. Kita akan terus tekun dalam menjalaninya. Rasa ini harus dipelihara jika ingin kita sukses dan selalu bersikap tekun.

3.       Kemandirian
Keyakinan akan kemampuan diri sendiri untuk melaksanakan suatu rencana mendorong seseorang untuk mengikuti rencana sampai selesai dengan ketekunan. Milikilah sikap mandiri dalam belajar, berinisiatif dalam belajar untuk mewujudkan rencana-rencana masa depan. Banyak orang yang ingin sukses tapi tidak mau mandiri berinisiatif sendiri inginnya di bina terus.

4.       Kepastian rencana
Rencana yang tersusun rapi, walaupun mungkin lemah dan sepenuhnya tidak praktis, mendorong seseorang untuk memiliki ketekunan. Yang terpenting segala rencana anda pasti tidak bertele-tele dan tidak ditunda-tunda.

5.       Pengetahuan akurat
Mengetahui bahwa rencana seseorang telah mantap, berdasarkan pengalaman dan pengamatan, mendorong ketekunan. Dengan kita menebak-nebak kita akan merusak ketekunan tersebut.

6.       Kerjasama
Dengan anda selalu bekerja sama dengan orang lain, maka akan mendorong anda ke dalam wilayah ketekunan itu sendiri. Dengan anda bersimpati, pengertian dan kerjasama yang serasi dengan orang lainlah yang cenderung akan mengembangkan ketekunan yang ada dalam diri anda.

7.       Kekuatan kemauan
Telah disebutkan sedikit di poin pertama tadi. Kebiasaan memusatkan fikiran pada pembentukan rencana untuk mencapai tujuan yang pasti akan menimbulkan ketekunan.

8.       Kebiasaan
Ketekunan merupakan akibat langsung dari kebiasaan. Fikiran menyerapnya menjadi bagian dari pengalaman sehari-hari yang diumpankan kepadanya. Rasa takut, musuh yang paling buruk, hanya bisa diobati secara efektif dengan paksaan pengulangan tindakan keberanian. Setiap orang yang pernah bertugas aktif dalam perang mengetahui hal itu.


Terima kasih… semoga bermanfaat…


0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..