blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Kambing Hitam

23.13.00 eka julianto arif 0 Comments


“Pelarian terbaik adalah mencari kambing hitam”.
-Warren Buffet

Sering sekali kita menyimak banyak sekali orang-orang yang tidak mau menanggung jawab atas sebuah perbuatan buruknya atau perbuatan jahatnya atau juga kegagalan dirinya. Biasanya mereka selalu mengkambing hitamkan seseorang untuk pelarian dirinya.

Kegagagalan memang sungguh menyakitkan, tetapi jangan sampai kita mengkambing hitamkan seseorang atau perusahaan atau bisnis yang kita jalani. Ketika penjualan menurun jangan mengkambing hitamkan saingan anda, bahwa mereka memakai magic atau guna-guna untuk menjatuhkan usaha anda.
Instrospeksikan semuanya kembali ke diri anda. Mengapa bisa terjadi hal demikian dan bagaimana solusi yang harus ditenggapi. Jadikan semua tanggung jawab dan beban ada ditangan anda, ditangan saya dan ditangan diri kita masing-masing.

Tak ada kesuksesan jika kita selalu mengkambinghitamkan seseorang. Hal seperti ini sudah banyak terjadi, selagi dahulu saya bekerja disuatu perusahaan. Melihat seorang pemimpin regu yang selalu menyalahkan bawahannya terus jika kinerja atau produksi menurun dan jelek. Tanpa pernah sedikitpun memuji bawahannya jika kinerjanya baik. Malah lebih memilih memuji dirinya sendiri.

Akan menjadi aneh ketika keburukan dan kegagalan terjadi terhadap kita, kita hanya bisa menyalahkan atau mengkambing hitamkan oranglain, tetapi ketika kita kita sukses jangan sampai kita meaggungkan diri kita sendiri. Kesuksesan kita karena ada orang lain yang membantu, dan kegagalan kita jangan sampai menyalahkan orang lain.

Ingat semua tanggung jawab ada didalam diri sendiri. Hilangkan sikap mengkambing hitamkan seseorang.


Terima kasih… semoga bermanfaat..

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..