Apa Sih Kelebihan Wordpress Dibanding Blogger?

02.39.00 Bang Eka 0 Comments

Apa Sih Kelebihan Wordpress Dibanding Blogger?

Assalamu'alaikum sobat blog sekalian.. Semoga sehat selalu yah dan terima kasih sudah mampir, semoga tulisan saya bermanfaat untuk Anda. Kali ini saya mau ngebahas Apa Sih Kelebihan WordPress Dibandingkan Blogger?


Bisa jadi sekarang Anda sedang kebingungan mau milih platform mana yang cocok bagi Anda.

Sebelum lanjut ke tema awal, kita wajib mengerti dulu masing-masing platformnya. Jangan-jangan kita bahas artikel ini sia-sia tanpa tau masing-masing platform yang akan di pilih. Karena bagi saya semua platform punya kelebihannya. Bahkan bagi kita orang awam yang hanya pengguna hanya bisa menggunakan daripada mereka yang telah membuat platform tersebut. Betul bukan...??? hehehe 😄😄

Daftar Isi

  1. Apa Sih Blogger?
  2. Kelebihan Blogger
  3. Kekurangan Blogger
  4. Apa Itu WordPress?
  5. Kelebihan dan Kekurangan WordPress.com
  6. Keunggulan menggunakan WordPress.org

Apa Sih Blogger?

Tentang seluk beluk blogger sebenarnya sudah saya jelaskan di ebook saya disini:
https://www.bisniseka.com/blogger-newbie/

Pada awalnya, kata blog dipakai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. 

Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

John Barger


Roger Yim seorang kolumnis San Frasisco Gate, pada Februari 2001, menulis bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, tapi kurang instrospektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.

Kata blog berasal dari kependekan weblog.

Menjadi penulis Blog, pengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut "blogging".

Artikel pribadi didalam blog disebut sebagai "blog post", "post","entries". 

Seseorang yang memasukan tulisan ini disebut "blogger".  

Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link (link ke web lain atau video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi konversasional. Seringkali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org.

Jika diambil secara garis besarnya seluruh definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.

Kalau di ingat-ingat saya pernah nulis ini sampai lupa saya hehehe
Silahkan akses disini tentang apa itu blog dan 20 manfaat punya blog.

Untuk anda juga yang mau punya blogger mulai dari Nol sampai menghasilkan silahkan akses kesini : => https://www.bisniseka.com/blogger-newbie/


Kelebihan Blogger


+ Gratis, Anda bisa langsung mendaftarkan diri langsung bisa akses blog Anda. contohnya bloganda.blogspot.com
+ Tersedia banyak template, template ini bisa langsung anda pasang di blog Anda.
+ Mudah digunakan, bagi kita awam kode html bisa langsung ngepost postingan pertama Anda. Cukup memiliki email gmail, Anda bisa langsung punya blog. Gak bisa bikin email? Silahkan baca kesini KLIK DISINI.
+ Menggunakan bahasa HTML bukan PHP. Jika Anda ingin utak-atik template bisa mengubahnya jika jago HTMLnya yah.
+ Gratis 15GB untuk Anda pengguna Blogger. Jika lebih dari itu pemakaiannya maka Anda akan beralih akun premium yang bisa menambah kapasitas penyimpanan.
+ Bebas Iklan. Blogger anda akan bersih dari iklan dari google, semau kita mau dipasangkan iklan baik dari adsense maupun iklan lainnya seperti affilasi, reseller, MLM, dropship atau produk anda sendiri.

Kekurangan Blogger 


- Anda tidak bisa mengontrol penuh kepemilikan Anda. Karena layanan ini milik google, jika sewaktu-waktu Anda melanggar peraturan mereka maka blog Anda akan di hapus. Pernahkah Anda melihat pemberitahuan blog ini telah dihapus.
- Tidak adanya plugin tambahan (upload plugin). Plugin ini sangat berguna bagi pengguna WordPress self hosting, misalnya untuk member area, plugin SEO, plugin menangkap email, POP UP dan lainnya yang tidak ada di blogger.


Sudah cukup yah untuk penjelasan Blogger, sekarang kita masuk ke pembahasan wordpresss




Apa Itu WordPress? 


Wordpress itu ada 2 yah jangan salah, nanti saya sebut wordpress Anda kebingungan nih. Apa itu?
1. WordPress.Com
2. WordPress.Org

WORDPRESS.COM

Yaitu platform yang digunakan untuk membuat blog dan website. Anda hanya perlu membuat akun di WordPress.com kemudian menentukan subdomain (namawebsite.wordpress.com), pilih template kemudian Anda sudah bisa langsung menerbitkan artikel pertama.

Bagi saya wordpress.com hampir mirip dengan blogspot atau blogger.

Berikut ini adalah paket WordPress.com yang dapat Anda gunakan.

1. Gratis (terbatas).
2. Personal ($60/tahun)
3. Premium ($132/tahun)
4. Business ($429/tahun)

Walaupun kelihatannya mudah banget membuat blog di wordpress.com namun disana juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu:

Kelebihan



+ Gratis, dengan penyimpanan sampai 3 GB. Anda bisa beralih ke layanan berbayar untuk media penyimpanan yang lebih besar. Gak seperti blogger yah 15GB. hehe.
+ Anda gak perlu repot melakukan update, karena sudah ditangani oleh WordPress.com

Kekurangan

- Akan tampil iklan dari WordPress jika Anda menggunakan layanan WordPress.com secara gratisan atau grentongan hehee. Sehingga iklan akan tampil pada website Anda dan Anda tidak mendapatkan bayaran untuk iklan tersebut. Jika Anda ingin iklan tidak tampil, Anda harus melakukan upgrade ke layanan berbayar (mulai dari $60/tahun). Sedangkan di blogger tidak ada iklannya, melainkan kita bebas memasang iklan sendiri maupun Adsense.
- WordPress.com tidak mengijinkan iklan selain WordAds seperti Adsense dan sejenisnya dipasang di blog Anda.
- Tidak bisa upload plugin.
- Tidak bisa upload template, Anda hanya bisa menginstal template gratis yang sudah disediakan WordPress.com
- Tidak bisa memasang code untuk melacak statistik pengunjung seperti Google Analytics, kecuali Anda menggunakan paket bisnis.
- Anda tidak bisa mengontrol penuh kepemilikan Anda. Website Anda bisa saja dihapus sewaktu waktu oleh pihak WordPress.com karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka.
- Mengandung tautan ke WordPress.com, untuk menghilangkannya harus upgrade ke paket bisnis.
- Tidak bisa menambahkan fitur eCommerce.

WORDPRESS.ORG

WordPress.org adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine) bisa juga untuk toko online dan lainnya.

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL (kita tidak akan belajar tentang PHP dan MySQL “karena itu membuat anda pusing dan juga kita bukan untuk belajar Pemprograman Website”) 😊.

WordPress digunakan oleh lebih dari 18,9 % dari 10 juta website pada Agustus 2013 WordPress adalah sistem blogging yang paling populer digunakan di Web, pada lebih dari 60 juta situs.

WordPress melalui pendirinya Matt Mullenweg dan Mike Little pertama kali dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Pada September 2013, versi 3.6 telah diunduh lebih dari 6 juta kali.

Apa Sih Kelebihan Wordpress Dibanding Blogger?
Pendiri WordPress
Dalam penggunaannya wordpress.org lebih tepat untuk kalangan profesional yaitu dengan menggunakan beberapa template design yang bisa di download secara gratis atau dengan membeli secara premium.

Tema
Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs Anda.

Tema dapat diinstal menggunakan WordPress.org “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP.  PHP, HTML & CSS ​​kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih.

Plugin
Salah satu fitur yang sangat populer dan unik dari wordpress.org adalah plugin, kamu bisa menambahkan berbagai macam fitur tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman.

WordPress.org sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin bisa bertambah seiring dengan waktu, dan masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Fitur custom ini meliputi Search Engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, membuat fitur video youtube atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

Multi-user Dan Multi – blogging

Sebelum WordPress 3.0, WordPress didukung satu blog per instalasi, meskipun beberapa salinan bersamaan dapat dijalankan dari direktori yang berbeda jika dikonfigurasi untuk menggunakan tabel database yang terpisah Sekarang sudah ke versi WordPress 5.3.2.

WordPress Multi-User ( WordPress MU, atau WPMU ) adalah sebuah garpu dari WordPress diciptakan untuk memungkinkan beberapa blog untuk tetap eksis dalam satu instalasi tetapi dapat diberikan oleh pengelola terpusat.

WordPress MU memungkinkan bagi mereka dengan situs untuk menjadi tuan rumah komunitas blogging mereka sendiri, serta kontrol dan moderat semua blog dari dashboard tunggal. WordPress MU menambah delapan tabel data baru untuk setiap blog.

Mobiles
WordPress sendiri tersedia diberbagai platform WebOS, Android, iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), Windows Phone, dan BlackBerry Aplikasi ini, dirancang oleh Automattic.

Dengan berbagai fitur pilihan yang meliputi menambahkan posting blog baru dan halaman, komentar, moderasi komentar, membalas komentar di samping kemampuan untuk melihat statistik.

Fitur lain
WordPress.org juga fitur manajemen link terintegrasi, sebuah mesin pencari ramah, struktur permalink bersih, kemampuan untuk menetapkan bersarang, beberapa kategori untuk artikel, dan dukungan untuk tag posting dan artikel.

Filter otomatis juga termasuk, menyediakan format standar dan styling dari teks dalam artikel (misalnya, mengubah tanda kutip biasa untuk tanda kutip pintar). WordPress.org juga mendukung standar Trackback dan Pingback untuk menampilkan link ke situs lain yang memiliki sendiri dihubungkan dengan sebuah posting atau artikel.

Sejarah

B2/cafelog, lebih dikenal hanya sebagai b2 atau cafelog, adalah pelopor WordPress. B2/cafelog diperkirakan telah digunakan di sekitar 2.000 blog pada Mei 2003.

Hal ini ditulis dalam PHP untuk digunakan dengan MySQL oleh Michel Valdrighi, yang sekarang menjadi pengembang berkontribusi terhadap WordPress. Meskipun WordPress adalah penerus resmi, proyek lain, b2evolution, juga dalam pengembangan aktif.

WordPress pertama kali muncul pada tahun 2003 sebagai upaya bersama antara Matt Mullenweg dan Mike Little untuk menciptakan sebuah garpu dari b2. Christine Selleck Tremoulet, teman Mullenweg, mengusulkan nama WordPress. Pada tahun 2004 istilah lisensi untuk bersaing Jenis paket Movable diubah oleh Six Apart dan banyak pengguna yang paling berpengaruh bermigrasi ke WordPress. Pada bulan Oktober 2009 2009 Open Source sistem manajemen konten Pangsa Pasar Laporan mencapai kesimpulan bahwa WordPress menikmati kekuatan merek terbesar dari setiap sistem manajemen konten open source.

Penghargaan WordPress

Pada tahun 2007, WordPress memenangkan Packt Open Source CMS Penghargaan.
Pada tahun 2009, WordPress memenangkan Packt terbaik Open Source CMS Awards.
Pada tahun 2010, WordPress memenangkan Hall of Fame yang kategori CMS di 2010 Open Source Awards.
Pada tahun 2011, WordPress memenangkan Sumber Open Web App of the Year Award di The Critters.

Oke… Sedikit tentang apa itu wordpress dan kegunaannya… Anda tinggal mempelajari Ecourse selanjutnya.

Keunggulan menggunakan WordPress



Tadi diatas juga sebenarnya sudah termasuk keunggulan-keunggulan dari WordPress.org. Saya akan menambahkan menurut beberapa referensi yang saya baca.

+ Bersifat bebas ( free/gratis ) karena dilisensikan di bawah lisensi GPL (GNU Public Licence).
+ Dapat digunakan secara offline ( tanpa koneksi internet ) menggunakan web server yang di instal secara lokal.
+ Dapat di instal pada web hosting yang mendukung penggunaa PHP dan MySQL. Versi PHP yang digunakan minimal adalah versi 4.2 dan versi MySQL minimal adalah 3.23.x.
+ Mudah dikustomisasi.
+ Menyediakan banyak theme dan plugin.
+ Mendukung proses pembuatan kategori dan subkategori yang tidak terbatas.
+ Dapat melakukan sindikasi otomatis dengan bantuan RSS dan Atom.
+ Menggunakan interface XML ROC (Remote Procedure Call) untuk proses trackback dan remote posting.
+ Dapat diintegrasikan dengan posting melalui email.
+ Support terhadap plugin dan theme (pengaturan skin pada blog).
+ Mempunyai kemampuan untuk mengimpor data dari MovableType, TextPattern, grayMetter, b2evolution dan Blogger yang merupakan kelebihan utama WordPress. Pemakai WordPress juga dapat membuckup semua posting untuk kepentingan keamanan dan menguploadnya kembali secara mudah.
+ Mendukung dokumen dengan berbagai jenis ekstansi dan mempunyai API (Application Program Interface) untuk meningkatkan kemapuan WordPress.
+ Sangat mudah untuk melakukan proses administrasi dan perawatan tanpa harus memiliki pengalaman dalam nge-Blog.
+ Fasilitas searching yang nyaman.
+ Proses publish konten secara instan.
+ Mendukung multi bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.
+ Mempunyai susunan panel administrasi yang terbaik dengan segudang fiturnya.
+ Link manager untuk mempermudah proses pembuatan link dengan blog atau situs lain.
+ Bebas iklan

Itulah keunggulan-keunggulan dan tentang mengenai WordPress.

Kekurangan WordPress.Org

- Harus punya kapasitas Hosting sendiri, jika keperluan hosting banyak berarti Anda wajib menambah kapasitas hosting Anda. Agar website anda bisa berjalan kembali, kebanyakan jika hosting Anda terlalu penuh maka website bisa gak berjalan atau tidak tampil.

- Membutuhkan biaya lebih. untuk menjadikan blog/web anda lebih profesional misalnya menambah member area, install plugin premium lainnya maka Anda harus membeli nya untuk di install di web Anda.

Semua sudah saya jabarkan tinggal Anda memilihnya mau Blogger, WordPress.com atau WordPress.org? Semua sesuai kebutuhan Anda dan semua memiliki kelebihan masing-masing dan kekurangan masing-masing. Namun sekali lagi semua ditangan Anda, saya juga senang dengan blogger dan juga senang juga dengan wordpress, namun saya jujur belum pernah membuat blog dari wordpress.com hanya blogger.com dan wordpress.org (self hosting).

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya ini, jangan lupa share via tombol share dibawah ini yah biar teman-teman lainnya juga tahu apa yang Anda tahu, jadi jangan tahu sendirian aja nanti gak berkah hehehhe...

Wassalamu'alaikum...

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..
Jangan spam yah..
Terima kasih banyak udah menyempatkan baca di blog ini

Subscribe by Email

Loading...
pasang iklan murah meriah di blogger >