blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

4 Langkah Penting Saat Memulai Bisnis Dari Rumah

11.02.00 eka julianto arif 0 Comments

4 Langkah Penting Saat Memulai Bisnis Dari Rumah



Semua orang amat sangat ingin berbisnis dari rumah. Berikut ini langsung saja saya ingin membagikan empat poinnya dari materi serial tentang berbisnis dari rumah...
Dalam tahap untuk memulai berbisnis dari rumah, setidaknya ada banyak langkah yang wajib dilakukan. Jika Anda belum mendownload ebooknya silahkan di download yah disini. Ada 4 poin dasar yang wajib dilakukan.   


LANGKAH 1: BULATKAN TEKAD

Saya percaya segala sesuatu dimulai dari niat dan tekad. Punya bisnis dari rumah akan jauh lebih cepat terwujud jika ada niat yg kuat. Niatkan, perbesar niat dan tekad. Ga boleh main-main lagi, ga boleh ditunda lagi.

Semakin sering ditunda, semakin menurun semangatnya. Semakin sering ditunda, potensi bisnis kita bakal berkurang lho. Ini Beneran! Karena ide bisnis kita bakal keduluan ama yang lain.
Kalo ga mau keduluan, bulatkan tekad, perkuat niat supaya segera terwujud.


LANGKAH 2: SET KAPAN AKAN DIBUKA BISNISNYA

Langkah berikutnya adalah, set kapan dibuka bisnisnya.
Poin ini penting banget, karena niat yang paling bagus adalah niat yang diwujudkan dengan tindakan. Jangan sampai niatnya kenceng tapi actionnya NOL BESAR.

Bagaimana caranya?

Ini yang sering saya lakukan. Tetapkan tanggal berapa & kapan dibuka bisnisnya.
Harus spesifik, kapan akan dibuka bisnisnya, kapan akan dimulai jualannya.

Misal tanggal 1 Juli saya mau buka bisnis online pakaian, misal yang lain, tanggal 1 Mei saya bertekad mulai berjualan sebagai reseller herbal dan lain sebagainya.

Cara selanjutnya adalah, deklarasi

Lakukan deklarasi di publik, misal di media sosial.

Caranya tinggal buat postingan status, “SAYA AKAN MEMULAI BISNIS TGL ..... “
Atau begini
“SEGERA DIBUKA .... BISNIS ... TGL “

Kebayang maksudnya?

Maksudnya adalah Anda setelah punya niat, lalu menentukan tanggal, Anda perlu deklarasi. Tujuannya supaya semua orang tahu dan akan jadi saksi bahwa kita emang bener-bener serius mau buka bisnis dan memulai berbisnis.

Cara ini sederhana tapi hasilnya BOOM signifikan banget lho
Karena secara tidak langsung kita membuat target sendiri                       


LANGKAH 3: MODAL UANG BUKAN SATU-SATUNYA SYARAT

Ada satu poin penting yg wajib teman-teman pahami.
Untuk pebisnis pemula pasti ujung-ujungnya terkendala dengan modal.
Seringkali modal dijadikan alasan klasik. Yg ujung-ujungnya orang enggan berbisnis.

Terus modal itu penting ga mas?

Penting, tapi bukan melulu modal uang...
Ada modal skill, modal lokasi, modal aset digital dll...
Modal skill itu kemampuan kita, misal kalau jago bikin kue, ini modal skill lho.
Modal lokasi, kalo punya lokasi rumah strategis, ini pun juga modal potensial, Tinggal taro produk orang, kita jualan jadi agen, laku deh......

Modal aset digital, contohnya kita punya FB besar, punya data kontak WA banyak, punya follower IG banyak, pengunjung blog, ini adalah aset digital, bahasa simpelnya kolam prospek. Ini pun modal, kita bisa lempar produk dan berpotensi menghasilkan income.

Kalo modal uang bagaimana?

Saran saya untuk pemula ga harus bermodalkan uang banyak untuk memulai bisnis. Saya gak bilang gak pake modal uang lho. Saya Cuma bilang, ga harus pake modal uang banyak. Kalo emang punya uang banyak, silakan dipake untuk modal uang...

Tetapi klo emang modalnya gak banyak, bisa mulai dari bisnis yang sederhana, mulai dari rumah dan yang penting gak ribet.

Kan yang terpenting bukan bisnisnya apa, tetapi apakah bisnisnya menghasilkan atau tidak, ini yang penting untuk DICATET....

Kalo ga punya modal? 

Kita bisa jadi reseller produk orang lain kok. Fokus kita bisa buat toko online dan bangun pasukan penjualan. Bahkan bisa bermulai dari jualan di FB dan berjualan produk orang lain.


Mau ada modal atau ga ada modal, sekarang bukan jadi alasan untuk tidak buka bisnis.
Sepakat? Okeh lanjut...

LANGKAH 4: TENTUKAN IDE BISNISNYA

Langkah berikutnya, tentukan ide mau bisnis apa, mau jualan apa. Nahh di Rahasia Bisnis Internet nanti banyak idenya, saya share beberapa idenya ya.

11 IDE BISNIS DARI RUMAH YANG BISA MENGHASILKAN BANYAK INCOME
1.       Berjualan Pakaian Muslim
Sudah tidak asing lagi bahwa pakaian muslim menempati salah satu produk bisnis yang paling laris, apalagi menjelang hari Raya. Potensi pasar yang besar didukung oleh era online membuat peluang bisnis ini menempati jenis produk yang paling banyak dicari. Anda bisa memulai bisnis dari rumah dengan menggunakan ide bisnis ini.   
       
2.       Berjualan Buku Bisnis
Beberapa reseller dan pebisnis online sudah membuktikan bahwa penjualan buku bisnis bisa menghasilkan banyak omzet dan tentu saja profit yang besar. Tidak hanya buku-buku edukasi, bahkan sekarang mulai eranya buku-buku bisnis dengan harga premium di atas Rp 100.000,-.
Anehnya meski harganya tidak murah, tetapi setiap pre-order selalu menembus penjualan ribuan buku dan rata-rata banyak menggunakan Facebook untuk berjualan. Cuma dari rumah lho.

3.       Produk herbal
Herbal menjadi alernatif pengobatan yang sering dicari di online. Tidak hanya itu, banyak reseller online yang memanfaatkan produk ini untuk berjualan. Anda bisa menggunakan ide bisnis ini untuk mulai berjualan. Ide bisnis ini bisa dijalankan dari rumah. 

4.       Produk Kosmetik
Kosmetik dan produk perawatan tubuh juga menjadi ide bisnis yang berpotensi karena kebutuhan yang sangat besar akan kecantikan serta kemudahan berbelanja di online turut memperbesar permintaan dari produk ini. 

5.       Produk Aksesories
Produk ini mungkin keuntungannya tidak sebesar menjual produk kosmetik, namun jangan salah karena permintaan aksesories ini banyak sehingga penjual online banyak berjualan aksesoris melalui Facebook. Aksesoris ini bisa contohnya aksesoris untuk wanita dan aksesoris untuk pria, bisa juga aksesoris handphone. 

6.       Produk Baju Anak
Pangsa pasar yang besar, yaitu ibu-ibu, menjadikan produk ini selalu dicari di online. Bahkan karena keterbatasan ibu yang tidak bisa meninggalkan anak di rumah membuat alternatif belanja online menjadi salah satu alternatif utama. Baju anak bisa menjadi ide bisnis yang menghasilkan, lho. Karena bisa online dari rumah. 

7.       Produk Makanan
Makanan olahan, snack menjadi primadona bisnis yang banyak dijual oleh para reseller. Sejak era booming-nya keripik Maicih dijual online, membuat banyak produk makanan berlomba untuk berjualan juga di online. Ga Cuma online, bisnis makanan dengan berjualan makanan rumahan atau kue juga sangat potensial. Ini bisa dari rumah lho. 

8.       Produk Fashion Umum
Yang satu ini sudah pasti menjadi jenis produk yang paling banyak dibeli via online. Produk fashion sangat beragam mulai dari pakaian pria, wanita, tas, sepatu, hingga jam tangan pun menjadi produk bisnis online yang berpotensi dijual melalui online. Buktinya saja, produk fashion menempati produk teratas yang paling banyak dibeli di online berdasar survei APJI (Asosiasi Penyedia Jasa Internet). 

9.       Properti
Dulu tidak banyak yang percaya kalau jualan rumah sekarang bisa melalui Facebook. Sekarang di era yang sudah berubah, banyak agen-agen properti yang memanfaatkan Facebook untuk berjualan. Potensi yang menarik, terutama nilai keuntungannya. Ini pun bisa dijalankan dari rumah. 

10.   Produk Digital
Nah bagian ini saya amat sangat minat sekali, karena Memasuki era digital, perlahan-lahan banyak produk digital yang mulai ramai dijual di Facebook. Mulai dari e-book, Video learning, Kelas Online, hingga tools atau software. Biasanya penjual online yang menjual jenis produk ini menggunakan affiliate link (link afiliasi pembelian) untuk menawarkan ke calon pembeli. Potensinya mengalami peningkatan semenjak provider-provider internet menyediakan paket data super murah dan HP yang semakin canggih. 

11.   Bisnis Laundry
Layanan laundry seakan-akan jadi kebutuhan banyak orang di area perkotaan saat ini. Bisnis ini cenderung tidak sulit dilakukan asal tahu caranya. Bahkan bisa mudah saat memulai. Hanya bermodal mesin cuci dan setrika sudah bisa memulai bisnis ini. Namun jika ingin besar, persiapkan alat-alat khusus bisnis laundry. Dannn, ini bisa juga dari rumah. Asikk kan.

Gimana udah kebayang mau bisnis apa?

ingin menjadi seorang pebisnis dari rumah

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..