blogger-newbie, panduan belajar blog bagi pemula

Sesi Gajian

10.54.00 eka julianto arif 0 Comments


Ketika anda para karyawan atau pekerja, saat yang paling ditunggu-tunggu adalah sesi gajian atau ketika gajian. Betul atau tidak? Gajianlah yang paling dinanti saat kita lelah bekerja satu bulan (jika gajian anda perbulan). Uang itu pastinya anda bisa pakai untuk kehidupan satu bulan yang akan datang. Bisa jadi mungkin hanya lewat saja untuk membayar hutang, sisanya untuk menghutang lagi entah sampai kapan lunasnya. Mudah-mudahan anda tidak seperti itu. Aminnn...


Kebutuhan dan keinginan itu sebenarnya pun jumlahnya sama banyaknya,  bisa jadi lebih banyak inginnya dibanding butuhnya. Karena kebanyakan orang lebih ingin memuaskan keinginannya dibanding kebutuhannya, jika tidak salah, berarti benar. hehehehe

Nah berbicara kebutuhan lebih enaknya kita mensortir dahulu mana kebutuhan yang mendesak atau yang biasa saja. Kebutuhan menurut ilmu ekonomi dibagi 3, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Jika anda belum mengetahui atau lupa, mungkin saya hanya ingin memberitahu atau mengingatkan saja. yaitu:

1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan pokok yang harus terpenuhi, jika kita tidak memenuhi kebutuhan ini kita akan mengalami kesulitan, karena memang kebutuhan ini sangat dibutuhkan. Contohnya sandang, pangan, papan atau tempat tinggal dan pekerjaan.

2. Kebutuhan Sekunder

Ketika segala kebutuhan primer terpenuhi, kita akan beralih ke kebutuhan sekunder. Karena pemenuhan kebutuhan ini juga penting untuk memenuhi kebutuhan primer kita nantinya. Contohnya pendidikan, jika kita bodoh atau tidak bisa baca tulis, bagaimana kita bisa bekerja mencari uang untuk kebutuhan primer kita, pariwisata, rekreasi, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan ini sifatnya mewah, bisa dibilang pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder kita sudah mumpuni atau sudah terpenuhi. Contohnya: mobil, motor, Handphone, I-Pad, Tablet, Laptop, dan lain sebagainya.

Setelah dipaparkan penjelasan tadi bisakah anda membagi dahulu kebutuhan anda, atau memfilter dahulu apa saja yang dibutuhkan baru anda memenuhi apa yang diinginkan. Jangan lupa sedekah dan menabung juga..

Semoga Bermanfaat....

0 komentar:

Silahkan beri komentar, terima kasih sudah berkunjung..